Perlengkapan Trail Running

Trail running adalah kegiatan lari di alam bebas terutama di pegunungan. Sama dengan kegiatan pendakian, kegiatan trail running juga membutuhkan perlengkapan yang safety demi keamanan pelari di jalur pegunungan. Perlengkapan dari trail running hampir sama dengan pendakian namun dengan bobot yang lebih ringan. Berikut ini 10 perlengkapan trail running yang harus dimiliki oleh seorang yang ingin melakukan trail running.

Jaket
Guna melindungi pelari dari suhu dingin di gunung, seorang runner harus menggunakan jaket dengan kategori lightweight. Beberapa produsen alat outdoor banyak yang menyediakan jaket gunung lightwight baik lokal maupun impor. Jaket ini juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan harian.

Baju dan Celana
Selain menggunakan jaket lightweight, seorang pelari juga diharuskan menggunakan pakaian berupa baju dan celana untuk lari terutama menggunakan baju dan celana dengan bahan quick dry yang mampu menyerap keringat lebih baik dibandingkan bahan katun dan pastinya lebih cepat kering. Pakaian jenis ini dapat menjaga pelari dari kelembapan tubuh. Bahkan beberapa produsen mengkombinasikan teknologi quick dry dan kemampuan melindungi tubuh dari sengatan matahari.

Vest atau Ransel
Ransel yang digunakan untuk berlari berbeda dengan ransel sehari - hari. Ransel untuk kegiatan trail runner haruslah ringkas dan tidak merepotkan ketika digunakan untuk berlari. Ukuran dari ransel trail runner mirip dengan ransel yang digunakan untuk pesepeda. Gunakan ransel untuk menyimpan air minum, makanan dan obat - obatan.

Sepatu
Seorang trail runner membutuhkan khusus outdoor dengan tipe sol yang kuat dibandingkan sepatu harian. Bagian tengah sepatu biasanya dilapisi dengan nilon plastik yang ringan untuk melindungi kaki dari resik terluka akibat batu - batu gunung yang tajam. Selain itu sepatu khusus trail running dirancang agar penggunanya memiliki keseimbangan yang baik medan yang tidak rata.


0 Response to "Perlengkapan Trail Running"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.