Review Tenda Rei 2p (Tent 02/T005)

Halo sobat pendaki, post kali ini pendaki.info akan mereview tenda Rei kapasitas 2-3p yang baru kami miliki. Tentunya sobat sudah tak asing lagi dengan merk Rei, salah satu brand outdoor yang bersaing di Indonesia dan sudah memiliki outlet resmi di berbagai kota. Alasan pemilihan tenda 2p bagi kami mengingat harga dari brand Rei yang terjangkau dan kualitas yang terbilang sudah mumpuni dipakai di gunung - gunung di Indonesia. Sebelumm ke pembahasan kita ulas dulu spesifikasi dari tenda ini :

Rei T002 2P
  • Kapasitas : 2 - 3 orang
  • Ukuran : 200 x 120 x 100 cm
  • Single layer
  • 2 pc fiber glass
  • Floor 100g/m2
  • PE POLE Diameter 6.9mm
  • UV Protected

Ulasan
Harga
Untuk harga tenda Rei T002 2p dibanderol dengan harga Rp. 250.000 (tertanggal 27 Desember 2018) di online shop. Saya sendiri membeli tenda ini online di shopee dengan harga 250.000 saat promo free ongkir. Jika dibandingkan dengan merk lain tenda ini termasuk yang paling murah tapi jangan bandingkan dengan tenda dari cina pasti kalah jauh secara harga.

Bahan
Kelengkapan dari tenda ini diantaranya tenda, frame fiber, pasak, flysheet kecil (penutup ventilasi). Warna yang tersedia untuk tipe tenda ini diantaranya navy, merah, orange dan biru.  Karena tenda ini berjenis single layer atau satu lapisan maka yang digunakan adalah lapisan fly 170TPA300mm Polyester. Pada bagian dasar, tenda ini menggunakan terpal Floor 100g/m2. Frame yang digunakan adalah frame fiber dengan diameter 6,9 mm. Tenda ini juga dilengkapi pasak dan tali sebagai pelengkap.

Review Singkat
Tenda Rei T002 ini merupakan tenda berjenis single layer dengan lapisan polyester tahan air yang menurut saya kurang tahan apabila dipakai pada musim hujan. Tenda single layer akan mengalami kondensasi atau pengembunan ketika dipakai terlebih ketika hujan pada intensitas tinggi tenda terkadang mengalami rembes di beberapa bagian. Tenda ini sudah cukup kalau dipakai pada musim panas yang jarang terjadi hujan. Untuk antisipasi menggunakan tenda ini pada waktu musim hujan kalian bisa membawa flysheet untuk berjaga jaga dan dirikan di tempat yang sekiranya bisa memasang flysheet.

Bagian dasar tenda ini menggunakan terpal yang tahan air jadi tidak perlu khawatir air akan rembes. Untuk kapasitasnya apabila dipakai dua orang dengan tubuh besar atau tiga orang dengan badan kecil. Pendirian tenda ini sama dengan tenda lain dengan tipe single layer yaitu dengan sistem sodok. Tenda ini tidak memiliki vestibule. Pada bagian atas terdapat ventilasi yang ditutup dengan penutup tenda bahan polyester.

Kelebihan
Kelebihan tenda ini terletak pada harganya yang terjangkau yaitu dengan harga berkisar Rp 250.000. Selain itu bobotnya yang tergolong ringan juga memudahkan pendaki yang mau mendaki berdua sehingga terkesan lebih enteng.

Kekurangan
Kekurangan pada tenda ini hanyalah sifatnya yang single layer yang tidak tahan terhadap hujan dengan intensitas berat. Tenda ini sangat cocok dipakai pada musim kemarau dan tidak direkomendasikan dipakai pada musim hujan.