Pendakian Gunung Argopuro Lasem via Desa Ngroto

Rembang merupakan daerah pesisir pantura dengan kekhasannya yaitu pantai dan tambak disepanjang jalan Rembang. Selain memiliki pantai yang indah Rembang juga memiliki gunung yang bernama Gunung Argopuro yang secara geografis beradan diantara Kecamatan Lasem, Pancur, dan Kragan. Keunikan gunung ini adalah ketinggiannya yang hanya 806 mdpl dengan view menghadap laut Jawa di bagian utara. Gunung ini akan ramai ketika hari - hari tertentu seperti malam tahun baru dan libur sekolah terutama dari pendaki di sekitar Rembang, Blora, Tuban, dan Pati. Sangat disarankan mendaki gunung ini pada musim kemarau karena gunung ini didominasi bebatuan dan licin ketika musim hujan.
Keadaan puncak Argopuro Lasem. Sumber : Rembang.org

Jalur pendakian gunung ini masih belum ramai. Untuk mendaki ke gunung ini ada dua jalur yaitu via Desa Ngroto dan via Siwalan Sukun. Petunjuk awal apabila kalian memilih via jalur Ngroto adalah menuju ke Kecamatan Pancur tepatnya di Desa Nyode, dari sini kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Ngroto sebagai desa terakhir untuk mendaki Gunung Argopuro Lasem. Sebagai petunjuk menuju Desa Ngroto kalian bisa bertanya kepada warga atau dengan melihat tower yang berada di perbukitan. Tower tersebut dekat dengan Desa Ngroto. Sesampainya di dekat tower bisa dilanjutkan menuju jalan cor menuju Desa Ngroto apabila dihitung dari jalan raya jaraknya sekitar 1 - 1,5km. Apabila kalian sampai di sebuah masjid di kiri jalan maka disitulah Desa Ngroto dan didekat masjid ada basecamp yang dipakai para pendaki di Rembang untuk sesaat melepas lelah sambil mempersiapkan pendakian. Oiya di basecamp ini kalian bisa makan dan menitipkan motor di tempat ini.

Ringkasan Pendakian Gunung Argopuro Lasem
Estimasi pendakian gunung ini adalah 2,5 dari Desa Ngroto sampai ke puncak. Dari basecamp kalian masih akan bertemu jalan cor namun tidak berselang lama akan bertemu jalan pencari kayu dengan jalan setapak sempit. Walaupun gunung ini hanya memiliki tinggi 800an mdpl, tapi jangan anggap remeh karena jalannya yang terjal dan kiri kanan jalur terdapat jurang. Selain itu gunung ini juga licin apabila hujan. Kalian bisa melakukan pendakian tektok pada gunung ini. Untuk yang sudah terbiasa mendaki mungkin hanya 1,5 jam sampai di puncak.

Sesampainya di puncak kalian akan disuguhi pemandangan ketinggian di Rembang dan dipelihatkan hamparan perbukitan dan tentunya laut Jawa yang berada di bagian utara. Untuk tips apabila mau mendaki gunung ini hanya persiapkan perbekalan seperti biasa. Untuk area camping di atas hanya dapat menampung kira kira 100 orang, jadi persiapkan apabila mendaki pada saat musim liburan.

Oiya apabila akan mendaki gunung ini kalian bisa menyewa peralatan outdoor di tempat kami tepatnya di Kecamatan pamotan yang berjarak 3 km dari Desa Nyode, Kecamatan Pancur. Untuk persyaratannya bisa kalian baca di Rental Peralatan Pendakian Pamotan Rembang. Untuk pricelistnya bisa dilihat di bawah ini.


View Argopuro Lasem :
View Puncak Argopuro. Sumber : iwanloveindonesia.blogspot.com
Sumber : rembangfokus.blogspot.com
Dari kejauhan terlihat jajaran Gunung Muria yang bersebelahan dengan Laut Jawa. Sumber : Rembangfreelance.blogspot.com