Mencuci Matras Camping dan Matras Alumunium Foil

Matras yang selesai dipakai untuk mendaki tentunya harus dibersihkan dan dilakukan perawatan sebelum dipakai lagi pada pendakian berikutnya. Matras menjadi bagian yang sering kotor karena menjadi alas ketika dipakai mendaki baik alas di dalam tenda maupun alas ketika berada di luar tenda. Tingkat seberapa kotor matras pun juga tergantung seberapa pemakaian si pendaki. Lalu bagaimana cara mencuci matras. Untuk mencucinya sendiri tinggal membilas matras dengan air dan kemudian disikat menggunakan sikat cucian baju dan diberikan sabun detergen. Setelah selesai dicuci tinggal di angin - anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung. Setelah selesai dikeringkan barulah disimpan ditempat yang aman.

Untuk matras alumunium foil sendiri ketika mencuci matras jangan menggunakan sikat karena akan merusak lapisan alumunium foil. Usap menggunakan kain ataupun kanebo agar lapisan alumunium foilnya tidak mengelupas. Selain itu usahakan dalam pengeringan hanya mengangin anginkan saja di tempat yang sejuk. 

Pencucian matras berfungsi agar matras tidak mudah rusak dan agar selalu siap apabila akan dipakai. Apabila agan sebagai pelaku bisnis penyewaan alat pendakian ada baiknya mencuci matras setiap kali selesai dipakai. Sekian artikel kali ini semoga berguna.