Tips Mempersiapkan Pendakian

Pernah ketika mendaki ada barang - barang yang penting tidak terbawa gara - gara terlalu bersemangat untuk segera berangkat mendaki? Nah inilah pentingnya persiapan sebelum melakukan kegiatan pendakian. Berikut ini tim pendaki.info akan memberikan tips seputar mempersiapkan sebelum melakukan pendakian.

Buatlah Daftar Perlengkapan
Sebelum berangkat, buatlah list barang - barang yang dibutuhkan ketika mendaki baik peralatan individu maupun kelompok, logistik, hingga hal - hal sepele. List ini sangat penting kaitannya dengan seberapa jauh kesiapanmu sebelum melakukan pendakian. List ini juga memudahkan untuk cek apa saja yang sudah atau belum dibawa sebelum melakukan kegiatan pendakian.

Pengelompokan Barang
Pernah ngga ketika mendaki tiba - tiba butuh korek api atau pisau untuk digunakan sedangkan kita lupa dimana menaruh hal tersebut? Hal tersebut tentunya sangat merepotkan kalau terpaksa harus bongkar muat untuk mencari satu barang saja. Nah inilah fungsi dari pengelompokan barang. Fungsi dari pengelompokan barang adalah memisahkan barang - barang yang dianggap penting dan sesuai kebutuhan. Barang - barang yang penting atau sering digunakan hendaknya ditempatkan pada bagian carrier yang mudah dijangkau. Pengelompokan ini selain dilakukan pada individu juga bisa diterapkan pada kelompok. Misalkan si A mambawa logistik, si B membawa perlengkapan tenda, si C membawa baju dan lain - lain.

Kemas Barangmu dengan Bahan yang Anti Air
Kemas barang - barangmu ke dalam kantong plastik atau bisa juga menggunakan plastik yang ukurannya besar. Tujuan mengemas menggunakan plastik adalah menghindari kemungkinan terburuk ketika mendaki. Cuaca di gunung tidak dapat ditebak. Maka dari itu sangat disarankan untuk mempersiapkan segala kemungkinan sebelum melakukan pendakian.