Lakukan Hal ini untuk Menghemat Budget Travelingmu

Jika berbicara tentang traveling, biasanya banyak orang berfikir mengenai budget atau biaya yang akan dikeluarkan selama berlibur demi kegiatan yang menyenangkan. Namun, apakah benar traveling membutuhkan budget besar agar kegiatan menyenangkan. Nah, berikut ini beberapa tips agar traveling tetap menyenangkan walaupun menggunakan budget yang minim. Berikut tipsnya :

1. Lakukan Riset / Survei Lokasi
Sebelum berlibur, tentukan tujuan wisata dan buat rincian pembiayaan jauh - jauh hari, cari tau info tentang biaya, fasilitas, jarak dan lain - lain dari internet agar kamu tau seberapa besar uang yang harus dipersiapkan. Pastikan tempat wisata yang akan sobat kunjungi sesuai dengan budget yang dimiliki.

2. Hindari Pergi ketika Musim Liburan
Selain akan banyak pengunjung yang berjubel di tempat - tempat wisata, harga pada saat musim liburan pun lebih mahal daripada biasanya. Harga transportasi, penginapan, dan restoran pun ikut naik, jadi sangat disarankan untuk berlibur pada saat low season, karena biasanya akan mendapat harga rendah atau harga promo.

3. Menginap di Homestay
Usahakan untuk memilih homestay daripada hotel karena homestay merupakan bagian rumah penduduk yang disewakan kepada para wisatawan. Homestay pun bisa lebih murah hingga separuh atau sepertiga dari harga hotel.

4. Ajak Teman dan Keluarga
Karena ketika dilakukan secara bersama - sama akan lebih seru dan urusan budget tidak membengkak karena dilakukan dengan sistem patungan. Seperti biaya bahan bakar, parkir, jalan tol yang dibayar besama - sama.

5. Kunjungi Tempat Wisata yang Baru Buka
Tempat wisata yang baru buka biasanya menyediakan harga promo yang lumayan murah dan bisa menjadi alternatif bagi kamu yang membawa budget pas - pasan. Berbeda dengan tempat wisata yang sudah terkenal yang memberikan harga normal.

6. Cobalah Makan di Pinggir Jalan dan Mencoba Kuliner Lokal
Biasanya makanan yang ada di pinggir jalan memiliki keunikan dan banyak kuliner lokal yang akan kamu temukan. Dan yang pasti secara harga akan lebih miring jika dibandingkan dengan di rumah makan.

7. Beli Oleh - Oleh Secukupnya
Yang sangat dinantikan orang - orang adalah oleh - oleh khas dari wisata yang disambangi. Usahakan untuk membeli souvenir dengan kualitas bagus namun dengan harga yang terjangkau agar sobat bisa menyisihkan uang untuk kebutuhan lain. Bijaklah dalam mengeluarkan uang selama traveling.

Semoga tips - tips diatas bermanfaat dan jangan taut berlibur dengan budget yang minim.