Review Kompor Portable K-202


Peralatan menjadi penunjang kenyamanan dan keamanan selama kegiatan pendakian. Salah satu peralatan penunjang dari kegiatan pendakian adalah kompor. Beberapa kompor yang biasa digunakan para pendaki diantaranya kompor portable, kompor parafin, kompor spirtus dan kompor berbahan kayu. Kali ini kami akan membahas kompor portable yang beberapa hari kemaren kami beli.



Kompor yang kami beli kami dapatkan dari Shopee dengan harga 72.000 saja (dipasaran rata - rata 120.000an). Yang didapatkan dari pembelian kompor seri K-202 yaitu kardus, kompor portable dan covernya. Dengan harga 72.000 sangat worthed lah untuk kegiatan outdoor maupun untuk digunakan di kost. 

KELEBIHAN KOMPOR GAS

Praktis
Kompor gas tergolong praktis apabila dibandingkan dengan jenis kompor lain. Kompor ini didesain ringkas dan bisa dibuka apabila akan digunakan. Dengan ukuran yang ringkas tentunya mempermudah dalam packing di carrier. Biasanya untuk penyimpanan, kompor ini dimasukkan kedalam nesting TNI bersama alat - alat lain seperti korek, pisau dan sendok.

Harga Murah
Harga dari kompor portable lumayan terjangkau dengan harga berkisar 100 ribu. Ada kompor yang lebih murah yaitu kompor parafin dengan harga kurang dari 100 ribu. Namun karena sulitnya mendapatkan parafin, maka kompor parafin mulai ditinggalkan penggunanya.

Kemudahan dalam Mencari Bahan Bakar
Untuk mendapatkan bahan bakar kompor gas, kita cukup mencari di supermarket seperti di Alfamart dan Indomart dengan harga sekitar 20ribu hingga 30ribu. Bahkan apabila habis, kamu bisa mengisi ulang.

Mudah dalam Penggunaan
Untuk menggunakannya cukup menyambungkan gas dengan kompor portable serta membuka dudukan nesting. Kelebihan dari kompor ini adalah kita bisa menyesuaikan nyala api sesuai keinginan kita. Hal ini yang tidak ada pada kompor parafin sehingga apabila memasak akan lebih cepat.

Mudah dalam Perawatan
Untuk merawatnya cukup dengan menggosok menggunakan anti karat dan membersihkan dengan tisu ketika kompor sudah dingin. Bagian yang sering mengalami kerusakan adalah bagian atas tepatnya pada bagian penyekat antara badan kompor dan bagian tempat keluarnya api. Untuk mengantisipasi kerusakan, kita bisa menyemprotkan cairan anti karat maupun pelumas motor. Sehingga diharapkan bagian ini tidak akan berkarat ataupun mengalami korosi. Selanjutnya simpan kompor apabila tidak digunakan.

KEKURANGAN KOMPOR GAS PORTABLE
Rentan terjadi Kecelakaan
Kecelakaan yang dimaksud seperti bocornya klep kompor yang menyebabkan beberapa insiden seperti api meluap sekejap. Untuk mengantisipasi hal ini, masaklah diluar tenda serta perhatikan bunyi dan bau yang keluar dari kompor.

Postingan terkait: