Perbedaan Dacron, Polar, dan Bulu Angsa (Goose Down) pada Bahan Sleeping Bag


Saat ini, dipasaran terdapat beberapa macam model, ukuran, jenis bahan dan harga pada sleeping bag. Beberapa produsen lokal bahkan berani memasang label produk merk ternama seperti Jack Wolfskin, The North Face dan lain - lain untuk menarik minat pembeli. Harga yang dipatok pada sleeping bag lokal ini sangat miring bahkan ada yang hanya dikisaran 100 ribu rupiah. Berikut ini kami akan membahas beberapa jenis bahan dari sleeping bag yang umumnya dijual di pasaran.

Sleeping Bag Dacron dan Polar
Secara umum, sleeping bag lokal berbahan dasar waterproof (kain taslan atau kain coated nylon) dengan inner (lapisan dalam) yang terbuat dari polar, meski juga ada yang menggunakan bahan inner yang terbuat dari parasit non waterproof dengan isian dacron. Meski tidak terpaut jauh, ukuran packing dari dacron sedikit lebih besar daripada sleeping bag polar. Beberapa penggunaa sleeping bag lebih nyaman menggunakan sleeping bag polar daripada dacron. Sebab lapisan inner dacron yang ketika digunakan mengeluarkan suara kemresek ketika dipakai sehingga memunculkan rasa tidak nyaman. Berbeda dengan sleeping bag polar dengan permukaan yang lembut dan tidak berisik. Secara insulasi tentu saja sleeping bag lokal ini berbeda jauh dengan sleeping bag ternama dengan harga yang jauh lebih mahal.
Bahan polar pada sleeping bag

Sleeping Bag Kombinasi Dacron-Polar
Selain berbahan polar dan dacron pada inner, sebagian produsen ada juga yang membuat sleeping bag kombinasi (dacron-polar) yaitu dengan memadukan inner yang terbuat dari kain polar dengan isian bahan dacron didalamnya. Hasil insulasinya tentunya lebih baik daripada jenis dacron saja atau polar saja. Namun kekurangan dari jenis kombinasi ini adalah sleeping bag menjadi berbahan inner double dan tentunya terlihat besar dan tebal ketika dipacking. Secara harga tentunya juga lebih mahal dengan kisara terpaut 25 ribu hingga 40 ribu dibanding jenis dacron saja atau polar saja.
Perbandingan Dacron, Polar dan Dacron-Polar
Sumber : Doglos Adventure Living

Sleeping Bag Bulu Angsa (Goose Down)
Ada satu lagi jenis bahan dasar pada sleeping bag yaitu bahan isian bulu angsa atau goose down. Bahan isian ini dipercaya memiliki daya insulasi terbaik dibandingkan yang lain. Tak heran harga sleeping bag goose down bisa mencapai jutaan rupiah. Biasanya jenis sleeping bag ini digunakan pada pendakian gunung es. Sleeping bag ini sangat kompres-able. Saat digunakan terlihat tebal, namun ketika dipacking bisa dikompres hingga ukuran minimalis sehingga tidak memakan tempat dan bobotnya yang tergolong ringan.


Postingan terkait: