Kledung Pass, Temanggung


Temanggung merupakan salah satu kota di Jawa Tengah dengan berbagai wisata alam yang memanjakan mata. Sebut saja pendakian Gunung Sumbing dan Sindoro, Pasar Papringan, hingga Kledung Pass dan Posong yang layak untuk dijadikan salah satu destinasi ketika week end. Berikut ini pendaki.info akan membahas mengenai Kledung Pass, salah satu destinasi wisata di Temanggung yang terletak di Kecamatan Kledung.

Lokasi Kledung Pass
Wisata Kledung Pass terletak di Kecamatan Kledung, tepatnya di Jalan Raya Kledung km 18 Kabupaten Temanggung. Tempat ini memiliki pemandangan yang eksotis yaitu berada di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Disini, kamu dapat merasakan sejuknya udara gunung. Tempat ini berada pada ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut, maka tak heran udara disini lumayan dingin.


Pada awalnya, kawasan ini merupakan perkebunan tembakau atau teh warga. Kemudian, ketika investor datang, tempat ini kemudian disulap menjadi tempat pemberhentian traveler yang melintas jalur Temanggung - Wonosobo. Tempatnya yang menjadi tempat transit para traveler membuat Kledung Pass tidak pernah sepi dari pengunjung.

Jalur lintas ini biasanya dilewati antara 700 hingga 1000 kendaraan perhari dan beberapa diantaranya berhenti untuk sekedar beristirahat ataupun sekedar melihat pemandangan keindahan Kledung Pass. Bagi anda yang sedang melewati Kledung Pass, wajib mampir menikmati sensasi sejuk dari Kledung Pass.

Fasilitas Kledung Pass
Fasilitas yang disediakan dari pihak Kledung Pass berupa rumah - rumah makan modern atau restaurant. Rumah makan ini menyediakan banyak menu yang bisa menghangatkan tubuh dari hawa sejuk di wilayah dataran tinggi. Selain fasilitas rumah makan juga tersedia hotel yang menyediakan fasilitas yang nyaman pula. Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Wonosobo dikabarkan tengah melakukan kerjasama memaksimalkan wisata ini. Bisa dilihat searang sudah ada danau - danau buatan, kebun teh yang tertata dan mulai dilengkapi dengan kebun strawberry.

Karena besarnya antusias turis lokal pada wisata pegunungan, dikabarkan ditemanggung juga akan dibuat kereta gantung dari lereng Gunung Sumbing. Kalau terealisasi, hal ini akan memberi semangat wisata baru di Temanggung.

Foto Kledung Pass
Sumber : agussusanto95.wordpress.com


Postingan terkait: