Tips Transaksi Penyewaan Peralatan Outdoor

Saat ini hobi mendaki gunung menjadi salah satu tren bagi para pemuda terutama yang ada di kota - kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan kota - kota lain. Umumnya,para pendaki banyak yang berasal dari para mahasiswa. Ramainya postingan di sosmed mengenai pendakian membuat kegiatan ini semakin viral dikalangan anak muda.

Salah satu bisnis yang menjamur dari hobi ini adalah bisnis persewaan peralatan mendaki. Hadirnya rental peralatan pendakian sedikit banyak telah membantu para pendaki yang tidak memiliki banyak uang dalam melakukan pendakian. Kita ketahui bahwa peralatan pendakian itu tidak murah. Katakanlah carrier yang harganya Rp. 400.000 keatas. Sebagian orang pastinya lebih memilih menyewa daripada membeli carrier yang intensitas pemakaiannya tidak terlalu sering.

Maka dari itu, penyewaan peralatan pendakian sangat membantu bagi para pendaki berkantong pas - pasan terutama yang berstatus pelajar dan mahasiswa. Ada beberapa hal yang akan kami share mengenai transaksi penyewaan peralatan gunung. Berikut ini adalah tips - tips menyewa peralatan gunung.

1. Perhatikan Peraturan Penyewaan
Masing - masing rental outdoor memiliki peraturan tersendiri. Hal ini ditujukan untuk kenyamanan dan keamanan masing - masing baik penyewa maupun pihak rental. Peraturan yang tertera biasanya mencakup waktu pengembalian barang, penggantian atau kerusakan barang serta sangsi - sangsi yang diberikan apabila ada penyalahgunaan atau bahkan tidak dikembalikan. Maka dari itu, sebelum menyewa baca terlebih dahulu agar tidak ada yang dirugikan.
Contoh peraturan pada rental peralatan outdoor

2. Cek Barang yang akan Disewa
Ketika sudah mendapatkan kata deal akan menyewa di salah satu rental peralatan outdoor, hal selanjutnya yang akan dilakukan adalah memilih barang yang akan disewa. Usahakan sebelum secara sah diserahkan kepada anda, periksa bersama pemilik terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya kerusakan.

3. List Barang yang akan Disewa
Sebelum menyewa barang, pastikan dulu kamu sudah memiliki list tersendiri apa saja yang akan disewa. Setelah membuat list barang yang akan disewa kemudian kamu hubungi rental outdoor baik lewat WA atau langsung ke rental. Ada baiknya lakukan booking by phone terlebih dahulu baru setelah barang - barangnya tersedia tinggal diambil di rental terkait.

4. Perhatikan Peralatan - Peralatan yang Kamu Sewa ketika Mendaki
Ada beberapa item pada peralatan outdoor yang sangat sering hilang atau rusak. Katakanlah frame tenda yang mudah patah ketika terkena badai. Pasak tenda yang sering hilang dan problem - problem lain. Lakukan cara - cara untuk meminimalisir adanya kerusakan dan kehilangan tersebut.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan transaksi penyewaan peralatan outdoor. Semoga bermanfaat.