Tips Perawatan Wajah Ketika Akan dan Setelah Mendaki


Kegiatan pendakian kini menjadi booming dikalangan anak muda. Banyak foto yang terpajang di instagram yang menunjukkan panorama alam puncak gunung yang menawan. Kagiatan mendaki umumnya dilakukan oleh anak - anak muda dan tak sedikit dari kaum hawa. Pada kegiatan pendakian, mau tidak mau para pendaki harus bersentuhan dengan alam, perubahan suhu, dan segala permasalahan ketika mendaki dan salah satunya adalah permaslaahan kulit. Ketika mendaki, kita akan merasakan kulit wajah yang terasa panas seperti terbakar, merah merona dan akhirnya hitam serta mengelupas. Inilah efek yang dirasakan setelah mendaki gunung. Efek ini dirasakan baik laki - laki maupun wanita. Namun kebanyakan yang merasakan permasalahan ini adalah orang - orang yang memiliki permasalahan kulit sensitif yaitu para wanita.
IG : Resti Pramandani

Perubahan suhu dan cuaca secara drastis yang tiba - tiba terjadi mengakibatkan adanya kerusakan pada kulit. Hal ini biasa dialami ketika mendaki dimana kulit kita yang sudah terbiasa pada hawa perkotaan yang cenderung panas, berubah drastis ketika kita mendaki yang berhawa panas, dingin dan lembap berubah - ubah dalam tempo waktu yang singkat. Berikut ini akan kami jabarkan mengenai hal - hal yang perlu kamu lakukan ketika mengalami permasalahan diatas :

Ketika Mendaki :
  • Gunakan sunblock tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Kulit yang kering akan menimbulkan rasa gatal yang kemudian berakibat pada luka - luka kecil di kulit. Pada kondisi suhu tertentu dapat mengakibatkan kulit kering hingga terkelupas. Cara mengatasi permasalahan ini yaitu dengan cara menggunakan pelembap kulit dan lip balm.
  • Hindari penggunaan make up yang berlebihan. Setelah mencuci muka, cukup gunakan pelembap atau sunblock saja. Penggunaan alas bedak, bedak atau peralatan make up akan membuat pori - pori tertutup dan membuatnya mudah iritasi. Maka dari itu minimalkan menggunaan make up ketika mendaki. 
  • Sediakan tisu. Kita akan merasakan keterbatasan air ketika mendaki sedangkan kebutuhan kita terhadap air sangat besar seperti minum, wudhu, cuci muka, bahkan ketika BAB ataupun BAK. Maka dari itu sediakan selalu tisu basah dan tisu kering. Lakukan pembersihan tubuh ketika menjelang tidur untuk tetap menjaga kesehatan kulit. Karena itu penting bagi kalian menyediakan tisu basah dan tisu kering ketika mendaki.
  • Hindari kebiasaan menyentuh wajah ketika mendaki. Ketika kita mendaki mengeluarkan banyak cucuran keringat, hindari membersihkan secara langsung menggunakan tangan karena tangan mengandung banyak kuman terutama pada saat kita memegang benda - benda yang kotor seperti tanah, akar, kayu maupun batu. Maka dari itu persiapkan kain atau hal - hal lain yang dapat mengelap keringat ketika mendaki baik itu tisu atau kain bersih.
Setelah Mendaki
  • Hindari membasuh muka dengan air dingin. Kulit kita membutuhkan waktu untuk adaptasi terhadap perubahan suhu. Maka dari itu untuk menghindari kulit kita alergi atau kering karena perubahan suhu, hendaknya hindari membasuh muka dengan air dingin. Lebih baik mengompres muka dengan handuk bersih yang dicelupkan ke air hangat. Ini akan memberikan rasa nyaman pada kulit dan memberikan rasa dingin setelahnya. Hindari juga penggunaan facial foam yang banyak mengandung bahan kimia. Jadi, hanya bersihkan wajah dengan handuk dan air hangat saja. 
  • Segarkan kulit wajah dengan masker alami. Ketika kita selesai mendaki, kita akan mendapati kulit kita kusam seperti tidak terawat. Untuk mengembalikan kecerahan wajah, gunakan masker dari bahan - bahan alami. Beberapa masker alami yang dapat menjadi pilihan diantaranya telur, timun, madu dan jeruk. Gunakan setidaknya beberapa kali setelah mendaki.
  • Konsumsi air mineral dan jus buah untuk mempercepat pemulihan kulit. Selama kegiatan pendakian, tubuh kita kurang asupan gizi. Maka dari itu perbanyak minum jus buah agar fungsi organ didalam tubuh kembali normal. Selain itu konsumsi juga sayur terutama sayur - sayur hijau.
Diatas merupakan tips - tips perawatan wajah ketika dan setelah mendaki. Perawatan wajah setiap orang berbeda - beda, maka ambil beberapa tips diatas yang sekira bisa diaplikasikan buat kamu.

Salam Lestari.                 

Postingan terkait: