Review Consina Tarebbi 60L


Consina Tarebbi merupakan salah satu varian carrier dari brand Consina dengan harga yang terjangkau yaitu seharga Rp. 515.000,- (harga sewaktu - waktu bisa berubah, cek di http://shop.consina-adventure.com/tarebbi). Consina Tarebbi memiliki kapasitas sebesar 60L dengan fisik berbentuk tabung sempurna yang simetris dari atas kebawah. Carrier ini memiliki satu kompartmen utama, satu kompartmen dibagian kepala, dua ekstra kompartmen dibagian kiri dan kanan, serta dua side-mesh pocket.

Kompartmen Utama
Consina Tarebbi hanya memiliki satu akses tanpa resleting di pinggir atau bawah, jadi harus benar - benar dimanage penyusunan pada komparmen utama. Apabila ada kesalahan peletakan barang bawaan maka harus disusun ulang dengan membongkar secara keseluruhan. Consina Tarebbi memiliki extra-room dibagian bawah kepala carrier dengan mengulur strap yang ada dibagian bawah kepala carrier. Dengan memaksimalkan extra-room ini kapasitas carrier bisa terlihat seperti carrier berkapasitas 70 - 80L. Komparmen ini juga elastis sehingga apabila dikencangkan dapat menjepit secara sempurna ke komparmen utama. Kekurangan dari Consina Tarebbi pada kompartmen utama yaitu tidak adanya strap yang mengikat bagian dalam keril agar bawaan terjaga posisinya. Namun hal ini dapat ditutupi dengan memasang matras yang didirikan sebagai penegak carrier.

Top Lid : Kompartmen Kepala
Selain digunakan sebagai penutup kompartmen utama, kompartmen bagian paling atas atau bagian kepala memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan ponco atau satu jaket. Kompartmen ini memiliki tali dimana bisa di adjust menyesuaikan ukuran kompartmen utama carrier. Kompartmen ini bisa dilepas pasang apabila ingin membersihkannya secara terpisah. Pada kompartmen ini, pada bagian bawah memiliki sifat yang elastis agar bisa menutup bagian kompartmen utama. Kompartmen ini memiliki kapasitas 10L yang apabila diisi penuh masih bisa menutup secara sempurna.

Side-Mesh Pocket
Pada kompartmen samping tergolong nanggung dengan ukuran yang memanjang. Untuk side-mesh pocket hanya bisa membawa botol dengan ukuran 800 ml. Botol ukuran 1,5 liter masih bisa mencakup namun akan susah dicabut ketika berjalan sehingga kurang efisien.

Backsystem
Pada backsystem, Consinna Tarebbi tidak terlalu istimewa. Backsystem Consina Tarebbi menggunakan busa yang tebal dengan lekukan yang berfungsi untuk sirkulasi udara. Backsystem pada carrier ini berbentuk berongga jaring sehingga punggung masih agak panas. Namun demikian, backsystemnya sendiri ditopang busa yang empuk dengan alur / celah untuk mengalirkan udara panas. Selain itu, Consina Tarebbi memiliki frame berbahan aluminium yang menyilang di backsystem yang mampu dilepas.

Bagian Depan Carrier
Pada shoulderstrap jika dibandingkan dengan shoulderstrap outdoor gear yang lain seperti Avtech Bagaboo ataupun Avtech Eiger, masih lebih empuk dan tebal sehingga relatif nyaman di pundak. Dengan catatan setelan shoulderstrap, load-lifter strap, chest-belt, dan waist belt sudah disesuaikan dengan tubuh.

Terdapat keunikan pada chest-belt dimana posisinya dapat dinaik-turunkan dengan tinggi shoulderstrap sehingga tidak perlu khawatir chest belt akan mencekik leher atau malah terlalu rendah. Selain itu juga terdapat sebuah peluit di chest belt yang sangat berguna untuk keperluan survival.

Pada waist-belt memiliki kekurangan yaitu busa yang tidak terlalu panjang sehingga akan menyebabkan berkurangnya kenyamanan dalam menggenggam pinggul. Pada waist-belt terdapat tempat kecil untuk emnyimpan barang - barang kecil. Pada bagian belakang carrier terdapat pack handle yang berfungsi untuk mengangkat keril atau untuk menggantungkan keril di centelan.

Consina Tarebbi memiliki bahan yang cepat kering namun tidak memiliki lapisan waterproof jadi masih membutuhkan raincover. Dengan kapasitas 60 L, Consina Tarebbi sudah cukup untuk dijadikan pilihan pendakian gunung - gunung di Indonesia.


Postingan terkait: