Bolehkah Mendaki Menggunakan Celana Jeans?


Pada umumnya, orang - orang yang baru saja menjajaki dunia pendakian kurang mengetahui masalah apa saja yang boleh dan dilarang selama mendaki. Salah satunya adalah penggunaan jeans ketika kegiatan pendakian. Pada artikel ini Pendaki Adventure akan membahas mengenai apakah diperbolehkan menggunakan jeans ketika mendaki?

Jawabannya adalah tidak direkomendasikan. Berikut ini adalah alasan - alasan mengapa hal tersebut tidak direkomendasikan :
  • Bahan celana jeans yang lumayan berat pada saat dipacking kedalam carrier. Ketika basah, jenis kain jeans ketika basah membutuhkan waktu lama dalam pengeringannya atau dengan kata lain bersifat low absorbable material. Ketika mendaki secara tidak langsung jeans kita akan lembap karena keringat, apalagi ketika hujan maka jeans kita akan basah dan lama dalam pengeringannya. Jeans yang basah sangat berpotensi menyebabkan pendaki terserang hipotermia.
  • Resiko pangkal paha lecet. Jeans yang ketat akan menyulitkan dalam pergerakan. Jenis kain jeans yang kasar dan ketat akan menyebabkan pergerakan kaki lebih berat dan terlebih akan membuat lecet pada bagian paha. Penggunaan jeans akan membatasi pergerakan dari otot - otot saat berkontraksi sehingga berpotensi terkena cedera otot.
Itulah kekurangan dari penggunaan jeans. Namun, penggunaan jeans tidak sepenuhnya buruk. Mengapa, karena dengan bahan jeans yang tebal, kita tidak perlu takut celana kita sobek terutama ketika glesotan di tanah. Lalu sebaiknya apa yang harus kita pakai untuk mendaki? Bahan terbaik untuk keperluan mendaki adalah kain dengan jenis quickdry yang banyak dijual di outdoor gear seperti Eiger, Rei dan Consina untuk merk lokal. Berikut ini adalah kelebihan jenis kain quickdry :
  • Lebih cepat kering
    Berbeda dengan jenis kain biasa, jenis kain quickdry lebih cepat kering ketika dalam kondisi basah. Hal ini dikarenakan jenis kain quickdry yang mampu menyebarkan titik basah melebar sehingga wilayah yang basah bisa diratakan ke area lain sehingga lebih cepat kering.
  • Tahan terhadap kotoran dan minyak
    Berbeda dengan bahan lain, jenis bahan quickdry tahan terhadap kotoran dan minyak. Hal ini sangat berfungsi ketika mendaki karena kita secara langsung bersentuhan dengan tanah.
Namun kalau tidak ada celana berbahan quickdry kamu dapat memakai celana training juga sudah mencukupi untuk kegiatan pendakian. Sekian tips kali ini, semoga berguna.

Postingan terkait: