Tips - Tips Sebelum Membeli Carrier


Bagi orang - orang yang masih awam mengenai outdoor gear, mungkin akan merasa kesulitan dalam membeli carrier. Rata - rata bagi para pembeli carrier yang masih awam, mereka berfikir ukuran menjadi penentu utama, semakin besar kapasitas carrier maka semakin dianggap bergensi. Padahal, pada kenyataannya semakin banyak kapasitas carrier akan berimbas pada beban yang semakin berat pula dari kelompok. Kebanyakan para pembeli carrier yang masih awam juga terjebak dengan brand dimana membeli carrier merk terkenal menjadi prestis tersendiri dan terkesan memaksakan. Hal yang sangat berkaitan dengan semakin mahal harganya, semakin bagus kualitasnya maka semakin pede pula ketika menggunakannya saat mendaki gunung. Hal - hal itulah yang menjadi masalah para penghobi dalam membeli outdoor gear. Nah berikut ini adalah hal - hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli carrier :

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Tips pertama yaitu sesuaikan dengan kebutuhan. Maksudnya adalah lihat gunung mana saja yang menjadi target pendakian. Apakah gunung tersebut merupakan gunung dengan tipe pendakian rute yang panjang ataukah pendek. Apakah gunung - gunung yang didaki memiliki medan yang berat atau ringan. Jika hanya perjalanan pendek, pilih ukuran 30 - 40 liter seperti Consina Tarebbi. Untuk mendaki dengan waktu satu hingga dua malam membutuhkan kapasitas carrier 50 - 55 liter. Dan apabila perjalanan jarak jauh kamu bisa membeli carrier dengan ukuran 60 - 70 liter. Hindari membeli carrier dengan ukuran yang melebihi kebutuhan. Selain akan membuat barang - barang menjadi berantakan, kamu akan dibebankan lebih banyak dari yang lain mengingat kapasitas carriermu yang lebih besar daripada yang lain.

2. Memilih Tali Bahu
Ketika kamu membeli carrier perhatikan tali bahu carrier tersebut. Tali bahu yang baik umumnya bersifat empuk, nyaman serta kuat. Selain itu pilih juga carrier yang support dengan tali dada untuk membantu menopang beban.

3. Memilih Tali Pinggang
Tali pinggang berperan dalam membagi beban dengan tali bahu. Pilih tali pinggang yang empuk dan pas dipinggang. Pilih tali pinggang yang pas dan tidak mudah lepas, sehingga beban di bahu juga akan berkurang.

4. Memilih Bantalan Punggung
Bantalan punggung yang empuk membuat tas nyaman dibawa, sekalipun dengan kemiringan yang ekstrim. Jadi, pastikan pilih bantalan yang empuk dan nyaman. Selain itu, bantalan punggung yang nyaman dapat digunakan untuk menjadi sandaran ketika beristirahat. Penting juga memilih bantalan punggung yang berongga udara (breathable) dan mudah kering serta memiliki pengatur tinggi punggung.

5. Harga
Sesuaikan dengan kantongmu. Mau import maupun lokal semuanya bersaing dalam hal kualitas. Carrier lokal seperti Eiger, Rei dan Consina juga sudah layak untuk disandingkan dengan merk import. Jika uangmu tidak terlalu banyak pilih carrier lokal. Apabila uangmu berlebih belilah carrier import. Harga sesuai dengan kualitas. Jika uangmu mepet namun ingin memiliki carrier dengan kualitas bagus membeli carrier second atau bekas bisa menjadi alternatif.
 Tips Membeli Outdoor Gear Second
6.  Pilih Carrier yang Kuat dan Ringan
Semakin ringan akan semakin baik. Maka dari itu pilih carrier yang ringan dan kuat. Pada umumnya produk import memiliki kekuatan yang teruji seperti pabrikan asal Eropa layaknya deuter, TNF, Mammut, dan lain - lain, meskipun tidak menutup kemungkinan brand - brand lokal tidak kalah kualitasnya.

7. Sesuaikan dengan Gaya Anda
Sesuaikan warna dan bentuk kesukaanmu. Warna sangat berpengaruh. Pemilihan warna cerah dapat membantu pendaki ketika malam hari sehingga bisa terlihat dari jarak jauh. Namun, pemilihan warna yang cerah beresiko carrier yang mudah terlihat kotor. Pemilihan carrier berwarna gelap dapat membantu pendaki agar carrier tidak terlihat kotor.

8. Pilih Brand yang Kualitasnya Terjamin
Untuk lebih amannya, pilih carrier yang kualitasnya terjamin seperti TNF, Deuter, Rei, Eiger, dan lain - lain. Walaupun harganya mahal namun sesuai dengan kualitasnya.

9. Cek Aksesoris Carrier
Pilih carrier dengan fungsi tambahan seperti aksesoris coverbag dan kantung air minum. Mengingat Indonesia merupakan wilayah tropis yang sangat sering hujan, terutama hujan lokal, maka sebisa mungkin pilih carrier yang mendukung dengan aksesoris raincover. Selain itu juga perhatikan  fitur tambahan seperti
  • Frame
    Pilih carrier yang support frame (rangka) di badan carrier. Biasanya terbuat dari baja.
  • Akses masuk utama dan tambahan
    Akses masuk utama biasanya dari atas dan akses tambahan seperti di samping - samping carrier untuk tempat tambahan.
  • Tempat khusus sleeping bag
    Tempat sleeping bag harus terpisah dengan tempat air. Maka dari itu pilih tempat sleepingbag yang tidak menyatu dengan tempat air untuk menghindari sleepingbag basah terkena air.
  • Kantung tambahan
    Kantung tambahan sangat berfungsi ketika membawa barang - barang prentilan. Carilah carrier dengan kantung - kantung tambahan yang banyak untuk menampung benda - benda kecil di carrier.

Postingan terkait: