Tips Mengurangi Beban Logistik dan Peralatan Saat Mendaki

Berat menjadi salah satu problem dalam kegiatan pendakian. Berat yang berlebihan akan menciptakan situasi yang tidak nyaman terutama bila beban terlalu berat. Berikut ini adalah tips - tips memperingan barang bawaan ketika mendaki :

Pemilihan Tenda
Pilih tenda sesuai dengan kapasitas yang akan kita gunakan. Pilih tenda yang ringan namun dengan bahan yang kuat. Frame dengan bahan allumunium alloy memiliki berat yang jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan bahan fiber.

Pemilihan Carrier
Jika pendakianmu memakan waktu yang lama maka gunakan carrier dengan kapasitas 65 - 80 liter, namun jika pendakianmu memakan waktu yang tidak terlalu lama seperti dua hari satu malam maka gunakan carrier dengan kapasitas 30 - 40 liter saja

Sleeping Bag yang Hangat dan Ringan
Gunakan sleeping bag yang terbuat dari duck down dan bukan polar atau dacron. Duck down lebih hangat dan ringan jika dibandingkan dengan jenis dacron maupun polar namun dengan harga yang lebih mahal.

Matras
Gunakan matras yang terbuat dari aluminium. Matras aluminium dapat dilipat hingga seukuran mie instan. Matras aluminium dapat mencakup seluruh dasar tenda dengan kapasias 4 orang.

Bawa Pakaian Secukupnya
Gunakan pakaian dengan jenis serat sintetis seperti nilon, taslan dan polyester karena jenis kain ini gampang menyerap keringat. Bawa pakaian sesuai dengan kebutuhan mendakimu dan jangan berlebihan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengurangi Beban Logistik dan Peralatan Saat Mendaki"

Post a Comment