Tempat - Tempat Terlarang untuk Buang Air Kecil (Kencing)

Kebiasaan buang air kecil terbawa hingga kegiatan pendakian. Umumnya belum terbiasan dengan hawa gunung, ketika mendaki akan muncul rasa ingin buang air kecil setiap kali kedinginan. Sebagian pendaki ada yang menahannya hingga turun ke basecamp, namun sebagian lagi terutama para pendaki yang tidak bisa menahan, mereka akan mencari tempat dan memutuskan untuk buang air kecil di tempat - tempat tertentu.

Sama seperti di lingkungan masyarakat, di gunung juga memiliki aturan apabila membuang air kecil. Gunung milik bersama, baik itu makhluk hidup maupun tak kasat mata. Maka hendaknya memperhatikan tempat - tempat mana saja yang hendak menjadi tempat buang air kecil. Berikut ini adalah ulasan tempat mana saja yang dilarang untuk membuang air kecil dari pendaki.info
  • Liang atau lubang
    Hindari membuang air kecil di lubang karena pada umumnya lubang adalah tempat bersarangnya hewan. Kemungkinan terburuk yang akan terjadi apabila kita mengencingi lubang adalah hewan yang ada di lubang akan keluar dan mematok atau menggigit orang yang mengencingi lubang tersebut.
  • Aliran air yang jernih
    Pada umumnya digunung terdapat aliran air. Hindari kencing ditempat ini karena biasanya air dari aliran ini akan mengaliri kebawah baik ke ladang ataupun rumah - rumah warga.
  • Genangan air
    Membuang air kecil di genangan air akan membuat bau pesing tidak hilang. Selain itu biasanya air yang menggenang digunakan untuk minum hewan - hewan liar. Maka dari itu hindari kencing di tempat ini.
  • Jalur pendakian
    Jalur pendakian menjadi jalan yang digunakan lalu lalang pendaki. Jangan sekali - sekali membuang air kecil di jalur pendakian karena akan mengganggu kenyamanan pendaki lain. Jika mencari tempat membuang air kecil, cari tempat yang tidak dilewati oleh pendaki.
  • Tempat berteduh
    Hindari membuang air di bawah pohon, pos pendakian, shelter, pos bayangan dan lain - lain. Tempat - tempat tersebut adalah tempat yang biasanya digunakan untuk berteduh oleh para pendaki.
  • Tempat jatuhnya buah - buahan
    Jangan buang air kecil di tempat jatuhnya buah - buahan karena buah - buahan ini biasanya dimakan oleh hewan - hewan yang ada disekitar.
  • Makam
    Beberapa gunung memiliki makam yang biasanya dikeramatkan. Hindari membuang air kecil di tempat ini apabila tidak ingin mendapatkan gangguan dari penunggunya.
  • Botol
    Seringkali para pendaki membuang air kencing di botol dan menaruhnya sembarangan begitu saja. Tindakan ini tidaklah terpuji. Hindari perbuatan ini karena akan menimbulkan rasa jijik dan ketidaknyamanan pendaki lain.
Kemudian ditempat mana kita diperbolehkan mendaki? Yang pasti adalah cari tempat yang jauh dari jalur pendakian atau tempat camping. Kamu bisa buang air di sekitar semak - semak atau ditanah dimana tempat tersebut tidak dilewati pendaki maupun jalur hewan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tempat - Tempat Terlarang untuk Buang Air Kecil (Kencing)"

Post a Comment