Tips Naik Gunung Menggunakan Sepatu Running

Umumnya, orang - orang yang baru pertama kali muncak, cuek terhadap peralatan mendaki gunung. Padahal, pemilihan peralatan yang baik akan membantu mempermudah dalam kegiatan pendakian. Sebagai contoh penggunaan sepatu running untuk mendaki. Berikut ini adalah tips menggunakan sepatu running dalam kegiatan pendakian.

Memilih Pijakan
Jangan pernah kehilangan konsentrasi dalam mendaki gunung. Kesalahan sedikit saja akan berakibat fatal. Kegiatan pendakian yang paling menguras konsentrasi adalah ketika turun gunung, bukan naik. Sebagian besar kecelakaan di gunung bukanlah ketika naik tetapi turun. Selalu perhatikan trek ketika turun. Berhubung menggunakan sepatu running yang notabene tidak memiliki permukaan kaki menggigit tanah, hendaknya memilih pijakan yang kuat. Hindari memilih pijakan yang licin. Ketika turun gunung berhati - hatilah, lebih baik lambat tapi selamat.

Hindari Musim Hujan
Sepatu running pada umumnya tidak memiliki sifat waterproof. Maka dari itu hindari mendaki menggunakan sepatu running ketika hujan. Karena ketika kehujananan maka sepatu akan dingin dan sangat beresiko terserang hipotermia.

Persiapkan Kaos Kaki Lebih dari Satu
Selalu persiapkan kaos kaki lebih dari satu ketika mendaki. Selain berfungsi sebagai kenyamanan didalam sepatu, kaos kaki juga bisa dipakai ketika tidur di sleeping bag.

Selalu Bawa Sendal Cadangan
Kalau memang dana minim untuk membeli sendal gunung, gunakan sepatu running namun dengan catatan membawa sendal cadangan minimal sendal jepit. Terkadang ada sesekali pendaki yang memakai sendal jepit entah itu terpaksa atau mencari sensasi hehe.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Naik Gunung Menggunakan Sepatu Running"

Post a Comment