Antara Matras Aluminium Foil dan Matras Karet


Terdapat dua jenis matras yang sering digunakan oleh para pendaki yaitu matras dengan jeni alumunium dan matras karet gulungan. Artikel ini akan membahas kedua matras tersebut serta perbandingannya.

A. Matras Karet
Matras karet berbentuk gulungan yang umum digunakan oleh para pendaki. Harga matras karet berkisar antara 20.000 hingga 100.000. Beragamnya harga matras ini disesuaikan dengan kualitas matras itu sendiri. Semakin tebal dan semakin bagus bahannya maka harganya juga akan semakin mahal. Permukaan matras terbagi menjadi dua sisi. Satu sisi bergerigi dan satu sisi halus. Sisi bergerigi berfungsi sebagai alas agar tidak mudah bergeser di dalam tenda sedangkan bagian yang empuk atau halus memberi kenyamanan dengan mengurangi gaya gesek pada permukaannya ketika kita tidur. Matras tipe ini sangat cocok untuk tempat mendirikan tenda pada tempat - tempat yang tidak rata. Ukuran matras karet adalah sebadan orang dewasa. Yang terakhr, matras ini sangat cocok untuk menjadi semacam penegak carrier agar tidak "lempeor" pada tubuh carrier.

Dilain sisi, meskipun matras karet tergolong ringan, namun jika merujuk pada pendakian ultralight dimana mengedepankan peralatan yang ringan, matras karet kurang pas. Dari segi volume, walaupun sudah digulung matras karet masih terlihat besar dan bobotnya pun masih berkisar pada angka 400 - 700 gram menyesuaikan bahan dan ketebalan. Matras karet tidak anti air, kita memerlukan angin atau panas untuk mengeringkannya. Selain itu matras karet juga tidak mampu menahan kelembapan. Apabila tanah yang ada dibawah tenda dingin maka secara tidak langsung dingin dari tanah akan menyerap ke matras.

B. Matras Alumunium
Matras aluminium mulai banyak digunakan para pegiat alam. Kelebihan matras aluminium diantaranya yaitu bobotnya yang ringan, bisa dilipat menjadi sangat kecil sehingga tidak memakan tempat. Matras dengan bahan aluminium memiliki sifat anti air. Matras tipe aluminium dapat menghambat kelembapan dari tanah maupun udara sehingga mampu menjaga suhu tubuh ketika digunakan untuk tidur.

Disisi lain, kekurangan dari matras aluminium diantaranya adalah rapuh. Matras aluminium bahannya tipis sehingga perlu perlakuan khusus dan bedakan memperlakukan matras aluminium dengan matras karet. Matras tipe aluminium licin, berbeda dengan matras karet yang keset. Matras ini tidak cocok dipakai pada alas tanah karena rentan sobek apabila terkana kerikil maupun batu tajam. Selain itu ketika digunakan didalam tenda juga kurang empuk dan membutuhkan alas tambahan. Harga dari matras aluminium berkisar 70.000 dengan lebar 2 kali matras karet dengan panjang yang sama, kedua sisi dilapisi aluminium. Rata - rata, harga dipasaran untuk matras aluminium adalah dengan harga 60.000 hingga 150.000, menyesuaikan bahan dan jahitannya.

Dari hal - hal yang sudah dijelas perbedaan kualitas diantara keduanya. Dari sini kita bisa mengambil keimpulan kelebihan dan kekurangan masing - masing jenis matras. Kita bisa memilih salah satu diantara keduanya atau juga menggunakan keduanya untuk mendaki. Dengan menggunakan keduanya seperti untuk alas paling bawah menggunakan matras karet dan bagian atas adalah matras aluminium,kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Postingan terkait: