Dampak Positif Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Jiwa

Pemandangan yang indah, melihat awan, kabut, dan bentangan rasi bintang yang terlihat jelas didepan mata, itulah salah satu keindahan ketika mendaki gunung. Meski dilalui dengan rasa lelah yang teramat sangat, banyak manfaat yang bisa kita dapat ketika melakukan pendakian. Tak hanya kebugaran fisik namun juga kesehatan mental dapat terjaga. Berikut adalah manfaat melakukan pendakian bagi kesehatan jiwa :

Mengurangi Stres
Sama seperti kegiatan outdoor lain, kegiatan mendaki juga dapat menghilangkan stres dari beban kerja maupun tugas sekolah yang menumpuk. Dengan melakukan pendakian akan dapat mengurangi segala penat dari rutinitas kita. Menurut penelitian, melakukan perjalanan di hutan selama 90 menit dapat membuat seseorang lebih rileks dan lebih tenang.

Memori Lebih Kuat
Aktifitas fisik dapat membawa perubahan positif bagi otak, sebagai contoh dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan menajamkan kemampuan berfikir. Jika kamu tidak suka olahraga, dengan sekedar melakukan jalan santai atau hiking ringan di gunung - gunung yang tidak terlalu tinggi dapat menjadi salah satu alternatif yang menyenangkan.

Membuat Bahagia
Aktifitas fisik yang mengeluarkan keringat, seperti mendaki, akan menimbulkan rasa semangat di kemudian hari. Durasi mendaki yang panjang, bertenda, dan melihat sunset akan menimbulkan rasa bahagia bagi yang menjalaninya.

Lebih Kreatif
Dengan hilangnya beban setelah mendaki akan menimbulkan efek yang positif dalam menjalani aktifitas sehari - hari. Beban yang sebelumnya menumpuk diotak menjadi hilang karena kegiatan hiking. Hal tersebut akan menambah tingkat kreatifitas seseorang meningkat dalam berkreasi.