Yuk, Ketahui Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kaum Perempuan

Mendaki gunung atau hiking bisa dimasukkan dalam kategori olahraga. Petualangan yang dilakukan di alam bebas tersebut, dilakukan dengan berjalan kaki menembus hutan, berbagai ranting pohon, serta hewan yang terdapat di dalamnya. Hal ini memang sedikit ekstrim, namun juga seru. Bagi siapapun yang sudah berhasil mencapai puncak gunung, dengan sendirinya akan merasa bangga, karena tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Baik kalangan pelajar, karyawan, pengusaha, artis maupun masyarakat umum pastinya masing-masing memiliki hobi akan hal ini. Mulai dari gunung yang lumayan mudah (tidak terlalu tinggi) sampai dengan gunung yang tertinggi, sehingga membutuhkan keterampilan khusus untuk menuju puncaknya, seperti memanjat tebing, kemampuan bertahan hidup serta mempertahankan stamina dalam tubuh merupakan tantangan tersendiri bagi kalian yang memiliki hobi ini .

Nah, selain kebahagiaan dan kepuasan yang didapatkan, terdapat pula manfaat-manfaat lain khususnya untuk para wanita. Berikut ini adalah beberapa rangkuman mengenai manfaat yang didapatkan kaum wanita dari petualangan mendaki.

Manfaat yang pertama yaitu, mendaki gunung dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengatur stamina dalam tubuh. Dengan mendaki, maka sendirinya karakter kita pun terbentuk. Mental dan pemikiran yang kuat serta tegas dalam menyampaikan sesuatu adalah hal yang dibutuhkan para wanita supaya tak dipandang lemah dan manja dikalangan masyarakat. Dalam mendaki dibutuhkan bermacam pengendalian yang meliputi emosi serta pengelolaan insting. Dengan seringnya mengembangkan hobi ini, maka wanita akan terlatih insting serta emosinya dan hal ini pun akan berpengaruh pada mental dan pikiran yang sehat dan kuat. Sehingga apabila mental kuat maka badan pun akan terasa lebih sehat karena pengendalian emosi yang terjaga.

Manfaat yang kedua adalah terjaganya tubuh yang ideal. Mendaki gunung secara langsung dapat membakar lemak sehingga tubuh akan terasa bugar dan terhindar terjadinya obesitas. Manfaat ketiga yaitu, menjaga kesabaran dan menghilangkan penat. Hal ini begitu dibutuhkan terutama untuk anak remaja yang masih dalam kelabilan serta emosi yang tidak stabil. Maka mendaki gunung dapat menjadi alternatif bagi remaja untuk melampiaskan emosinya dengan mengembangkan hobi yang melatihnya dewasa dan peka untuk kehidupan yang selanjutnya.

Manfaat yang keempat adalah meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Dalam perjalanan mendaki gunung, berjalan dan membawa beban berat di tas dapat memacu kerja jantung dan paru-paru untuk memompa lebih cepat oksigen yang masuk dalam tubuh. Maka, hal ini justru akan memperkecil risiko serangan jantung dan stroke. Dengan mengoptimalkan suplai oksigen dan peredaran darah pun kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang ada. Namun, jangan lupa sebelumnya lakukan pemanasan dan pembiasaan supaya kita tidak kaget dengan kondisi yang ada saat pendakian. Pemanasan yang dilakukan dapat seperti lari-larian kecil, push up, sit up dan lain sebagainya sebelum mulai hari untuk mendaki.

Manfaat yang terpenting adalah menumbuhkan rasa syukur dalam diri kita. Bersyukur terlahir di Indonesia yang kaya akan pemandangan alam yang indah. Hilangkan rasa keluh kesah yang selama ini ada dalam diri, bersyukur selalu atas nikmat Tuhan yang begitu besar selama ini. Sekian beberapa manfaat mendaki gunung bagi wanita, masih banyak manfaat-manfaat lain yang dapat diambil dari pendakian gunung. Semoga hal ini dapat dijadikan referensi bagi kalian. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Yuk, Ketahui Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kaum Perempuan"

Post a Comment