Tempat - Tempat Terlarang Membuang Air Besar dan Kecil di Gunung

Tempat - Tempat Terlarang Membuang Air Besar dan Kecil di Gunung

Ketika kita mendaki maka bersiap - siaplah terhadap semua kemungkinan tak terkecuali BAK dan BAB di gunung. Seperti yang kita ketahui, gunung tidak menyediakan WC ataupun toilet. Beberapa orang akan menahan hingga sampai di basecamp, namun sebagian lagi memutuskan mencari tempat di gunung yang aman untuk BAB atau BAK.

Sama seperti di lingkungan masyarakat, BAB dan BAK memiliki adab yang harus ditaati. Karena gunung merupakan tempat milik bersama, bukan hanya manusia melainkan juga tumbuhan dan hewan, maka semestinya para pendaki juga memperhatikan faktor - faktor tersebut. Berikut ini adalah daftar tempat - tempat terlarang untuk BAB atau BAK :
  • Liang atau lubang
    Hindari membuang air kencing ke lubang, karena lubang - lubang di sekitar gunung biasanya dihuni oleh hewan - hewan seperti serangga, ular, dan hewan - hewan lain.
  • Aliran air
    Air sangat penting bagi para pendaki. Terkadang ada pendaki yang melakukan pendakian dengan bekal yang terbatas dan mengandalkan air dari gunung. Air - air tersebut berasal dari mata air di sekitar gunung. Bisa di bayangkan apabila kita membuang kotoran atau BAK di aliran air tersebut. Selain itu, biasanya masyarakat yang tinggal di sekitar gunung juga mengandalkan aliran air tersebut untuk kebutuan sehari - hari.
  • Genangan air
    Sama dengan aliran air, genangan air juga diperlukan oleh hewan yang ada di gunung. Tak jarang hewan - hewan seperti burung memanfaatkan genangan air untuk minum. Maka sangat disayangkan apabila kita membuang BAK dan BAB di genangan air tersebut.
  • Jalur pendakian
    Buanglah kotoran di luar jalur pendakian. Bisa dibayangkan apabila kita membuang kotoran di jalur pendakian, bau pesing dan ranjau buatan akan menjadi jebakan bagi pendaki lain yang melintas.
  • Tempat berteduh
    Tempat berteduh sangat dibutuhkan para pendaki untuk beristirahat. Maka sebisa mungkin jangan buang kotoran di tempat tersebut.
  • Tempat jatuhnya buah buahan
    Maksudnya adalah sebisa mungkin jangan membuang kotoran di bawah pohon dimana terdapat buah buahan yang jatuh. Hal ini mengantisipasi adanya orang yang akan mengambil buah tersebut.
  • Makam
    Pada beberapa gunung seperti Gunung Lawu, ada makam yang terdapat di gunung tersebut. Sebisa mungkin hindari membuang hajat di tempat tersebut agar terhindar dari gangguan penunggunya.
  • Botol
    Botol kosong sangat banyak digunakan para pendaki untuk membuang air kencing. Ini adalah tindakan yang tidak terpuji. Hindari melakukan hal ini.
Lalu bagaimana seharusnya kita membuang air besar maupun air kencing? Silakan baca di pos BAB di Gunung

Share this:

Disqus Comments