Pendakian Gunung Wilis via Kediri

Pendakian Gunung Wilis via Kediri

Gunung Wilis merupakan gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl yang terletak di Jawa Timur. Gunung Wilis bukanlah gunung aktif. Gunung Wilis juga tidak terlalu populer di kalangan para pendaki karena jalurnya yang memang cukup menantang dan belum terjamah. Keadaan hutan yang masih lebat dan jarang didaki menjadikan Gunung Wilis memiliki pesona tersendiri bagi para pendaki.

Puncak Gunung Wilis berada pada enam kabupaten sekaligus diantaranya Kabupaten Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo dan Trenggalek. Terdapat tiga puncak pada Gunung Wilis yaitu Puncak Wilis, Puncak Liman, dan Puncak Limas.


Terdapat dua jalur pendakian untuk dapat sampai di puncak Gunung Wilis, diantaranya :
  • Via Kediri
  • Via Roro Kuning, Nganjuk
Pendakian Gunung Wilis via Kediri terdapat pada Kecamatan Mojo tepatnya di daerah Besuki. Untuk ke lokasi awal pendakian, rutenya sama dengan ke arah Air Terjun Dolo. Sebelum sampai di Air Terjun Dolo ada sebuah pos tempat parkir di kiri jalan didekat tikungan ke bawah. Tidak ada basecamp disini, yang ada hanya pos dan tempat parkir dan selanjutnya dilakukan dengan jalan kaki.

Selama pendakian tidak ada papan penunjuk arah karena jalur pendakian Gunung Wilis memang belum begitu dikenal dan belum termasuk pada jalur resmi, namun para pendaki dapat bertanya pada masyarakat setempat untuk rute pendakian Gunung Wilis. Perjalanan diawali dengan berjalan kaki mengikuti jalan aspal yang menurun sejauh 20 meter. Sebelum sampai tikungan aspal ada jalur berupa tanah miring naik ke arah hutan, itulah rute menuju Gunung Wilis.

Setelah melewati jalur naik yang tidak terlalu panjang, trek berubah menjadi jalan setapak kecil yang landai. Jalan ini jarang dilewati pendaki sehingga ada beberapa jalan yang ditutupi semak – semak di kanan dan kirinya.

Setelah satu jam berjalan, sampailah di pos 1 yang berupa tanah lapang yang tidak terlalu luas dan dapat digunakan untuk istirahat. Waspada saat berada di pos 1 ini karena banyak pacet yang dapat menempel di kaki atau bagian tubuh lain. Terdapat dua jalur untuk melanjutkan setelah dari pos 1, jalur keatas dan jalur kebawah. Pilih jalur kebawah. Trek masih pada jalan setapak kecil dengan tebing berada di kanan dan jurang di sebelah kiri. Akan terdengar sayup – sayup suara Air Terjun Dolo, dan juga terkadang dari daerah ini juga terlihat Air Terjun Dolo apabila cuaca cerah. Terdapat banyak pohon yang tumbang dan tumbuhan berduri yang menggantung. Sangat disarankan membawa alat penebas untuk membuka jalan yang masih tergolong alami.

Setelah kurang lebih satu jam perjalanan akan sampai di sebuah tanah lapang sebelum summit ke puncak. Tanah lapang ini dapat memuat 4 - 5 tenda dngan pemandangan pegunungan Wilis dengan puncak yang dapat dicapai dari berbagai kabupaten. Terdapat sumber air dari sungai namun harus turun sejauh 20 menit untuk mengambilnya.

Trek yang landai akan berubah setalah di pos ini. Jalan akan menanjak tanpa ampun hingga sampai ke puncak dengan trek jalan setapak yang rapat atau bahkan tidak tampak. Trek akan melewati punggungan bukit dengan jalan yang sempit. Jalur akan terus menanjak dan miring tajam. Hingga sampai di bukit pertama tumbuhan akan semakin rapat dan jalur tertutup rerumputan lebat setinggi manusia serta alang – alang hingga ke puncak. Membuka alang – alang dan jalur yang tertutup akan menyita banyak waktu. Butuh waktu 5 jam dari camp untuk sampai ke puncak Gunung Wilis.

Gunung Wilis memiliki banyak puncak dan salah satunya adalah Puncak 17 yang dulu ditandai dengan batu – batu kecil yang sekarang sudah tidak ada dan yang ada hanya gundukan tanah seluas 2 x 2 meter.

Tips Mendaki Gunung Wilis via Kediri
  • Bawalah alat penebas
  • Pakai sepatu gunung untuk melindungi dari pacet
  • Sumber air terakhir berada di Pos 2
  • Bawalah persediaan air yang cukup karena trek menuju puncak akan menguras banyak tenaga dan panas.
  • Berhati – hatilah ketika turun, trek yang miring sangat beresiko jatuhnya batu – batu.

Share this:

Disqus Comments