Pendakian Gunung Merapi via Sapuangin Klaten

Jalur pendakian Gunung Merapi via Sapuangin Klaten kembali dibuka setelah tahun 2010 terjadi erupsi Gunung Merapi. Jalur ini dibuka pada bulan Mei 2017. Erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 telah menutup jalur pendakian Sapuangin serta merubah beberapa sisi gunung. Selain terbentuknya jalur kawah di kaki Gunung Merapi, aliran lahar dingin juga mengakibatkan berubahnya kontur sisi gunung.

Basecamp Sapuangin terletak di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Jalur ini dianggap ekstrim dan trek yang masih tertutup, maka tak heran jalur ini sepi dari para pendaki. Beberapa kali kegiatan seperti camping dan pengukuhan di lakukan di kaki gunung ini, hingga pada tanggal 12 Mei 2017 jalur Sapuangin secara resmi dibuka kembali untuk para pendaki.

Basecamp Sapuangin
Basecamp Sapuangin menyediakan fasilitas diantaranya WC, tempat istirahat, warung, dan parkir.

Tarif
Retribusi TNGM : Rp. 11.000 / orang
Parkir motor inap Rp. 5.000
Parkir motor tidak inap Rp. 2.000

Sekilas Mengenai Jalur Sapuangin
Jalur Sapuangin dianggap sangat ekstrim dan terbatas untuk bertenda, maka setiap harinya pendaki yang akan melakukan pendakian via Sapuangin dibatasi hanya 20-30 orang saja. Panjang jalur kurang lebih 3x medan pendakian via Selo. Jalur awal berupa hutan landai dan beberapa trek naik hingga 90 derajat. Kemudian trek dengan jurang di kiri dan kanan dengan kedalaman 200 hingga 500 meter yang dipenuhi semak - semak hingga 1 meter. Sebelah kiri jalur adalah Kali Woro yang merupakan salah satu aliran lahar dan jurang. Panjang jalur diperkirakan sepanjang 5,4 Km hingga Pasar Bubrah. Tiap 100 meter kita akan menemui patok yang terbuat dari pipa dengan total 54 buah atau 5400 meter.

Pendakian Gunung Merapi via Sapuangin
Basecamp - Pos 1
Perjalanan dari basecamp menuju Pos 1 berjarak lumayan jauh yaitu sekitar 1.597 meter dan akan menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam. Jalur berupa vegetasi semak - semak lebat dengan kiri dan kanan berupa jurang hingga di Pos 1. Pos 1 memiliki tempat cukup luas yang dapat menampung hingga 5 tenda.

Pos 1 - Pos 2
Pos 1 menuju Pos 2 berjarak lebih pendek sekitar 768 meter, namun dengan trek yang lebih terjal dari sebelumnya. Kita akan melewati trek dengan kemiringan tajam. Pos 2 tidak begitu luas dan hanya mampu menamung hingga 3 tenda saja dan jarang dilindungi pohon.

Pos 2 - Camp Yoyok - Pos 3
Perjalanan menuju Camp Yoyok memiliki jarak 1055 meter dari Pos 2. Trek yang akan dilalui lebih ekstrim dari sebelumnya. Treknya berupa semak belukar dengan ketinggian 1 meter dan trek naik turun melewati punggungan. Di pertengahan jalan kita akan menemui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dan dilarang bertenda di tempat ini karena sangat berbahaya ketika hujan. Berikutnya kita akan bertemu Camp Yoyok atau pos bayangan. Camp Yoyok sudah dekat dengan Pos 3 dengan view perjalanan kiri dan kanan adalah jurang. Pos 3 Sapuangin dapat menampung 2 hingga 3 tenda dengan pemandangan yang indah di lokasi ini.

Pos 3 - Pos 4
Perjalanan menuju pos 4 akan melewati beberapa punggungan. Trek akan melewati Kebo Kluyur, trek ekstrim sebelum sampai ke Pos 4. Untuk sampai di Pos 4 harus melewati punggungan dengan kiri dan kanan berupa jurang. Tinggi rumput ilalang yang dilewati berukuran tinggi 1 meter. Sebelum sampai di Kebo Kluyur, kita akan menjumpai pertigaan. Jika ambil ke kanan maka akan sampai di atas Batu "Kebo Kluyur" dan jalan buntu, jika ambil arah kiri maka itu adalah jalan yang benar dan menuju Pos 4. Pos 4 kita bisa mendirikan tenda dan terlindung dari panas karena berada di bawah batu besar. Pos 4 mampu menampung 5-6 tenda saja.

Pos 4 - Pasar Bubrah
Perjalanan menuju Pasar Bubrah membutuhkan waktu yang lama. Diperkirakan membutuhkan waktu 30 - 45 menit jika tidak membawa tas carrier. Sebelum sampai di batas vegetasi kita akan menemukan penanda. Lokasi ini memiliki julukan Pusung London. Pasar Bubrah mampu menampung ratusan tenda namun memiliki bahaya jika angin kencang pada malam hari.

Pasar Bubrah - Puncak
Perjalanan menuju puncak menghabiskan waktu 1 jam perjalanan dengan trek pasir serta kemiringan 90 derajat.

Estimasi Waktu Pendakian
Basecamp - Pos 1 (2 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (2 Jam)
Pos 2 - Camp Yoyok - Pos 3 (2 Jam)
Pos 3 - Pos 4 (2 Jam)
Pos 4 - Pasar Bubrah (45 Menit)
Pasar Bubrah - Puncak (1 Jam)

Tips Pendakian Gunung Merapi via Sapuangin
  • Pilih hari yang baik usahakan jangan mendaki ketika hujan. Tips mendaki pada malam hari pukul 19.00 hingga di Pos 2 pukul 24.00 dan ngecamp. Pagi pukul 05.00 naik hingga Pos 4 pukul 09.00
  • Camp paling ideal di Pos 2 (tengah - tengah jalur) dan Pos 4 (dibawah batu Kebo Kluyur)