Sejarah Deuter

Deuter didirikan oleh Hans Deuter pada tahun 1898 di Augsburg – Oberhausen, Jerman. Deuter pada awalnya merupakan produsen tas dan kantung surat untuk Bavarian Royal Royal Mail. Deuter selanjutnya melakukan ekspansi dengan memproduksi kain tenun, kain karung, sarung mobil, selimut pelana kuda dan membuat divisi persewaan tenda pada tahun 1905. Selanjutnya pada tahun 1910 permintaan pihak militer seperti tenda, tas dan ransel sangat tinggi dan membuat Deuter harus memfokuskan pada produk – produk terebut.

Mulai tahun 1919, Deuter Sport memperluas produksi pada produk koper, ransel, tenda dan kanopi truk. Pada saat itu divisi sewa tenda perusahaan melebihi 10.000 m2. Sejak tahun 1928, Deuter mulai dikenal sebagai gear adventure yang melengkapi kegiatan para expeditor. Deuter Tauern, salah satu produk dari brand Deuter diuji coba dalam Ekspedisi Nanga Parbat, sebuah ekspedisi di salah satu puncak Pegunungan Himalaya. Ekspedisi ini kemudian terkenal selama 30 tahun kedepan. Nanga Parbat berada di Pakistan dengan ketinggian mencapai 8.125 mdpl yang dijuluki “Killer Mountain” karena banyak pendaki yang tewas di tempat ini. Pada tahun 1938, backpack Deuter digunakan dalam Ekspedisi Gunung Eiger melalui jalur The North Face oleh Ludwig Vorg, Fritz Kasparek dan Heinrich Harrer.

Selama periode 1939 – 1945 terjadi masa – masa kelam perusahaan Deuter karena mesin – mesin yang digunakan untuk memproduksi, diambil alih oleh pihak militer guna keperluan Perang Dunia II. Namun Deuter tetap konsisten dengan visinya yaitu memberikan inovasi dan kualitas pada backpack dengan mengembangkan nylon dan perlon pada tahun 1953. Deuter juga mensupport beberapa ekspedisi sehingga membuat nama Deuter sebagai brand outdoor terkenal dengan cepat.

Pada tahun 1968, Deuter mulai membuat produk backpack full nylon dan menjadikan nylon sebagai standar material utama backpack Deuter. Pada tahun 1985, Deuter meluncurkan pertama kali seri carrier Deuter Air Confort dengan teknologi sirkulasi udara di punggung yang baik. Pada tahun 1987 – 1988, para pendaki, pemandu, dan pesepeda direkrut divisi RnD Deuter untuk memberikan kontribusi pada produk – produk Deuter sesuai kebutuhan masing – masing kegiatan outdoor. Pada tahun 1989 Deuter memisahkan divisi Travel dan divisi Tas dari perusahaan utama.

Pada tahun 1990, Deuter meluncurkan tas untuk pesepeda dengan keunggulan airstrip back system. Pada tahun 1996, Deuter Aircontact dan Sleeping Bag diluncurkan serta child carrier yang sudah memiliki sertifikasi TUV/GS. Di tahun 1997, Deuter melakukan improvisasi produk dan melakukan pendekatan dengan asosiasi ski Jerman. Pada tahun 2002, seri AC-Lite diluncurkan dengan desain yang inovatif dan ringan cocok untuk daypack. Pada tahun 2003, child sleeping bag diluncurkan dengan bahan yang cocok untuk negara dengan 4 musim. Pada tahun 2005, Deuter melakukan inovasi desain pada pelindung punggung yang dikhususkan untuk pesepeda dan winter sports.

Pada tahun 2006, Deuter meluncurkan SL Woman Series yang merupakan produk outdoor yang sangat cocok untuk postur wanita seperti produk tas dan jaket. Pada tahun 2009, Deuter meluncurkan EL Series Backpack yang dikhususkan untuk orang – orang berbadan tinggi dengan tutup tas yang bisa dipanjangkan 6 – 9 cm. Pada tahun 2010, stretch sleeping bag diluncurkan sebagai hasil inovasi yang menawarkan kenyamanan dan konstruksi yang bagus pada produk Deuter.

Itulah sejarah singkat berdirinya brand Deuter. Perusahaan yang berdiri lebih dari 100 tahun ini memiliki pengalaman panjang di bidangnya. Dan karena kualitasnyalah Deuter dipercaya para pendaki internasional sebagai produk unggulan daam melakukan pendakian. Tak heran jika dengan kualitasnya, Deuter ditawarkan dengan harga yang tergolong tinggi.

0 komentar