Makanan Alternatif untuk Mendaki

Makanan Alternatif untuk Mendaki

Dalam mempersiapkan logistik pada kegiatan mendaki terdapat banyak pilihan. Umumnya para pendaki memanfaatkan mie instan untuk makanan berat ketika mendaki. Padahal mie instan kurang begitu mencukupi nutrisi ketika melakukan kegiatan berat terlebih seperti kegiatan pendakian. Mendaki membutuhkan energi yang besar. Oleh karena itu tak jarang para pendaki juga memadukan mie dengan nasi. Ada beberapa makanan alternatif pengganti mie instan yang dapat kamu pilih dan tentunya memberikan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan mie instan. Makanan – makanan tersebut diantaranya :

Roti
Roti terbuat dari gandum yang dapat menjadi alternatif pilihan. Kamu dapat membawa roti untuk bekal selama perjalanan. Sifatnya yang praktis menjadikan roti bisa dimakan dalam kondisi apapun terlebih ketika beristirahat ketika mendaki. Sangat disarankan membawa roti berukuran besar. Roti ukuran besar dapat kamu makan ketika kamu sudah ngecamp sebagai menu makanan pagi hari. Kamu dapat mengkombinasikan dengan selai ataupun keju untuk menambah rasa pada roti. Kamu bisa memberikan irisan tomat, mentimun atau bahkan saus untuk lebih memberi variasi pada rasa roti.

Nasi
Alternatif lainnya adalah nasi. Nasi dapat kamu masak ataupun membawa dalam keadaan matang. Untuk memasak nasi di nesting diperlukan kemampuan memasak. Memasak nasi di nesting bisa dikatakan gampang – gampang sulit. Sebagai alternatif kamu dapat membawa nasi dalam keadaan matang di dalam kotak makanan. Usahakan ketika menyimpan nasi, nasi tersebut dalam keadaan dingin sehingga menghindari nasi lebih cepat basi. Selanjutnya hindari menyimpan nasi bersamaan lauk pauknya apalagi sayur yang berkuah. Pisah nasi dan lauk pauk pada tempat yang berbeda.

Umbi – Umbian
Umbi juga bisa menjadi alternatif pengganti mie instan ketika mendaki. Kamu dapat merebus umbi dirumah terlebih dahulu. Umbi memiliki tingkat karbohidrat tinggi yang dapat mengenyangkan perut dalam jangka waktu yang relatif lama.

Cokelat
Cokelat sangat mudah ditemukan di toko - toko. Dengan kandungan glucose yang dapat dirubah menjadi kalori membuat cokelat mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Apalagi kandungan zat anandamide yang membuat otak lebih tenang hampir sama dengan ganja yang akan membuat perjalananmu lebih bahagia karena didalamnya terkandung zat phenethylamine, zat yang mampu mengeluarkan hormon endorfin dalam tubuh.

Madu
Madu bukanlah makanan pengganti namun patut untuk kamu bawa sebagai asupan energi ketika sedang melakukan perjalanan. Selain itu madu juga mampu membuat tenggorokan selalu basah sehingga tidak cepat haus. Madu banyak ditemukan di toko – toko dan sangat praktis untuk dibawa. Madu sangat bermanfaat untuk tubuh, tak heran banyak para pendaki yang membawa madu untuk dipakai ketika mendaki.

Kurma
Kurma merupakan cemilan yang berasal dari timur tengah. Kurma mengandung nutrisi yang banyak diantaranya thiamin, niasin, folat, dan riboflavin. Dengan mengkonsumsi 100 gram kurma kamu dapat memenuhi kebutuhan energi seharian hingga 12 sampai 15 persen.

Permen
Pada umumnya permen mengandung gula atau glucose yang mampu diserap dan diubah menjadi kalori dan diubah menjadi energi dalam tubuh. Kamu dapat menyimpan permen di celanamu atau tempat – tempat yang mudah dijangkau.

Buah Segar
Buah dapat dijadikan alternatif makanan selama mendaki. Kamu dapat membawa buah seperti pisang ataupun apel guna mengisi energi di dalam tubuh. Pisang dan apel merupakan buah yang memiliki lebih banyak karbohidrat dibandingkan dengan buah lain. Sampah dari buah pun tidak mencemari lingkungan di gunung.

Sereal
Sereal cukup mudah di dapatkan di tempat – tempat seperti indomart dan alfamart. Sereal sangat praktis untuk dibawa. Kamu dapat membawa beberapa bungkus sereal untuk kamu makan sembari menunggu makanan utama matang.

Lauk Pauk Kering
Bawa lauk pauk kering agar perjalananmu lebih praktis dan tidak perlu memasak lagi. Sebagai contoh lauk pauk yang dapat bertahan lama diantaranya telur asin, kering tempe, keripik teme dan telur mentah yang ditempatkan di dalam wadah telur untuk dimasak ketika ngecamp.

Sarden
Sarden cukup praktis untuk dibawa dan dimakan. Sarden dapat dimakan bersama nasi ataupun mie instan. Namun jangan lupa sampah dari sarden harus kamu bawa turun mengingat kaleng sarden tidak dapat diserap tanah.

Nugget
Sebagai pelengkap lauk kamu dapat membawa nugget mentah yang kamu masak menggunakan nesting. Nugget menjadi pilihan banyak pendaki. Untuk memasak nugget juga simpel cukup membawa minyak goreng saja. Selain nugget kamu juga bisa membawa sosis yang juga sangat mudah untuk dimasak.

Share this:

Disqus Comments