Tips Packing Carrier untuk Mendaki Gunung

Menejemen packing pada carrier menjadi salah satu hal penting dalam persiapan pendakian. Hal ini dikarenakan pendaki diharuskan membawa beragam peralatan pendaki dan dalam satu carrier. Packing merupakan seni tersendiri dalam persiapan pendakian. Packing jika dilakukan secara asal – asalan maka dapat dipastikan tidak akan nyaman di punggung karena tidak seimbang. Bahkan terkadang terasa lebih berat beban yang ada di pundak dan pinggang yang tidak pas dan pada akhirnya akan berakibat pada stamina dan kestabilan pendaki. Berikut ini adalah tips yang dapat kamu terapkan ketika packing carrier dalam kegiatan pendakian :
  • Buat list perlengkapan yang akan dibawa
Buat catatan kecil berupa list barang – barang yang wajib kamu bawa seperti senter, jaket, pakaian ganti dan lain – lain hingga perlengkapan – perlengkapan tambahan. Hal ini sangat berguna agar kamu tidak lupa dan bingung menentukan apa saja barang yang harus kamu bawa. Usahakan barang yang kamu bawa adalah barang – barang yang benar – benar dibutuhkan agar tidak menambah beban lebih dalam perjalanan nanti.

  • Perhatikan kapasitas ransel / carrier
Setelah menentukan barang apa saja yang akan dibawa, selanjutnya pastikan carrier yang akan kamu bawa mencukupi untuk perlengkapan tesebut. Apabila barangnya terlalu banyak kamu dapat mengurangi barang – barang yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan untuk dibawa. Kamu juga dapat membawa tas kecil atau tas selempang untuk menaruh barang – barang kecil seperti korek api, dompet, kunci motor dan lain – lain.

  • Lapisi barang – barang yang ada di dalam carrier dengan trasbag atau kantung sampah
Hal yang paling menjengkelkan ketika mendaki adalah ketika terjadi hujan ketika sedang perjalanan mendaki. Hal ini dapat menyebabkan barang – barang yang ada di dalam carrier dapat basah terkena air hujan. Memang carrier saat ini dilengkapi dengan rain cover, namun rain cover saja masih kurang untuk menahan air hujan tidak tembus kedalam carrier. Maka dari itu usahakan melapisi barang – barang yang kamu bawa dengan trashbag. Keadaan dingin di gunung biasanya juga mampu membuat carrier menjadi lembap yang akan mengakibatkan barang – barang seperti baju, sleeping bag dan jaket menjadi basah tanpa sebab. Maka dari itu selalu persiapkan trashbag untuk keperluan ini.

  • Gunakan matras sebagai frame
Matras dapat dimanfaatkan sebagai frame pada carrier agan carrier dapat terbentuk tegak dan seimbang. Pasang matras melingkar di dalam carrier, berikutnya masukkan trashbag barulah masukkan barang – barang lain.

  • Perhatikan susunan barang pada ransel
Penysusunan barang – barang yang ada didalam ransel sangat mempengaruhi beban dan kenyamanan pergerakan ketika mendaki. Salah posisi dalam penempatan barang dapat membuat punggung tidak nyaman terutama saat berjalan di medan yang terjal. Maka dari itu perhatikan penyusunan barang – barang yang ada di carriermu. Baju dan sleepingbag diletakkan paling bawah, sedangkan barang – barang penting seperti jas hujan dan kotak P3K ditempatkan paling atas agar ketika butuh mendadak dapat cepat diambil.
Hal – hal diatas adalah hal yang perlu dipersiapkan sebelum mendaki. Semoga tips diatas dapat membantu dan salam lestari.
Blogger
Disqus

No comments