Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sandal Gunung

Sandal gunung merupakan salah satu peralatan mendaki yang wajib dibawa sebagai alas kaki selain sepatu gunung. Sandal gunung cukup awet dan nyaman baik digunakan untuk mendaki maupun digunakan untuk kegiatan keseharian. Sandal gunung memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan sandal biasa. Kekuatan sandal gunung ada pada ring pengikat tali yang berbahan 100% asetat dan juga bahan webbing dan polyester sebagai bahan baku pembuat strappingnya. Bentuk yang aergonomis dan kuat mengikuti bentuk telapak kaki membuat sandal gunung nyaman untuk dipakai.Dalam dunia pendakian sandal gunung merupakan salah satu pilihan pendaki dengan harga yang cukup murah sehingga dapat meminimalisir pengeluaran dalam menyalurkan hobi mendaki gunung dibandingkan dengan sepatu gunung. Berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan penggunaan sandal gunung dalam kegiatan mendaki :

KELEBIHAN SANDAL GUNUNG
Harga yang Bersahabat
Bila dibandingkan dengan sepatu gunung, harga sandal gunung lebih bersahabat yakni berkisar diantara 150 – 200 ribu. Hal ini tentu sangat membantu para pendaki yang tidak memiliki dana banyak untuk menyalurkan hobi mendaki ataupun membeli sepatu outdoor. Sebagai catatan harga sepatu outdoor berkisar antara 300 ribu keatas.

Praktis ketika Digunakan
Sandal gunung sangat mudah dipakai maupun dilepas terutama jika kita melakukan aktifitas keluar masuk tenda. Bandingkan bila menggunakan sepatu gunung pastilah akan lebih ribet ketika harus cepat – cepat menggunakan sepatu gunung.

Alas yang Ringan
Sandal gunung tergolong alas kaki ringan bila dibandingkan dengan sepatu gunung. Dengan bahan yang berasal dari sari serat sintetis maka sandal gunung dapat dikenakan walaupun dengan jangka waktu panjang.

Awet
Sandal gunung dengan catatan yang asli akan mampu bertahan selama bertahun – tahun bila dirawat dengan benar. Sandal gunung mampu bertahan lama apabila tidak sering terkena air dan minyak yang mampu mengurangi kualitas dan keawetan sandal gunung.

KELEMAHAN SANDAL GUNUNG
Namun dibalik hal – hal tersebut ternyata sandal gunung memiliki kekurangan ketika dikenakan diantaranya :

Kurang Safety untuk Medan Tertentu
Salah satu kelemahan sandal gunung adalah lebih beresiko terjadi cidera bila melintasi medan yang terjal seperti pada area bebatuan. Medan yang dipenuhi ranting juga membahayakan terutama ketika ranting tidak sengaja menusuk kaki. Untuk medan seperti itu sangat cocok menggunakan sepatu gunung.

Kurang Melindungi Kaki terhadap Hewan Gunung
Ada banyak hewan gunung yang mengganggu pendaki salah satunya adalah pacet atau lintah. Hewan tersebut sangat mudah menyerang kaki para pendaki terutama yang hanya menggunakan sandal gunung.

Kerikil yang Masuk ke Sela – Sela Sandal
Hal yang paling menyebalkan adalah ketika kerikil masuk ke sela - sela sandal. Tentu hal ini membuat kita tidak nyaman dalam melakukan pendakian.

Penggunaan sandal gunung memang memiliki kelebihan maupun kekurangan. Ada baiknya kamu mengenakan sepatu gunung agar lebih safety ketika mendaki. Sepatu gunung selain menawarkan proteksi yang tinggi juga memberikan kenyamanan dalam mengunakannya. Sekian pos kali ini semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus

No comments