Tips Menghindari Babi Hutan di Gunung

Hutan dan gunung merupakan habitat asli dari hewan – hewan liar. Bahkan, sebagian besar gunung – gunung di Indonesia telah masuk menjadi Taman Nasional untuk melindungi hewan – hewan liar ini. Sebagian hewan liar akan menghindari bertemu langsung dengan manusia sedangkan sebagian yang lain akan mengganggu. Salah satu hewan liar yang mengganggu adalah babi hutan.
Baca Juga : 5 Hewan Liar yang akan Kamu Temui Ketika Mendaki
Babi hutan kerap mendatangi camp para pendaki untuk mencari makanan – makanan sisa dari para pendaki. Tak jarang babi hutan akan mencuri dengan merusak tenda untuk mencari makanan yang ada di dalam tenda. Tentu saja hal ini sangat mengganggu bagi para pendaki. Sebelum babi hutan menyerang, biasanya para pendaki sudah mendengar desas – desus adanya babi hutan di pos pendakian. Hal ini adalah pertanda bahwa kita harus bersiap – siap akan datangnya babi hutan. Berikut ini adalah tips – tips untuk mencegah gangguan dan serangan babi hutan :
  • Simpan Peralatan dan Logistik dengan Baik
Babi hutan akan datang ketika manusia dalam keadaan tidak aktif seperti ketika sedang tidur pada malam hari atau sedang meninggalkan tenda dalam waktu yang lama. Sebisa mungkin lakukan pencegahan dengan menyimpan logistik dan peralatan. Jika sudah mengetahui akan desas – desus adanya babi hutan, maka simpanlah makanan dengan baik. Taruh makanan di tempat yang cukup tinggi didalam tas seperti di pohon agar sekiranya babi hutan tidak bisa mencapainya. Packing tenda dan gantung apabila akan meninggalkan dalam waktu lama.
  • Hindari Makanan Berbau
Bau amis pada daging dan ikan akan menarik babi hutan untuk datang. Setalah makan bungkus sampah dan gantung di tempat yang tinggi, jauhkan dari tenda atau bakar habis untuk menghilangkan bau makanan.
  • Bertenda Jauh dari Area Sampah
Babi hutan pasti akan mengitari area sampah untuk mencari makan sisa dan mungkin juga akan datang ke tenda. Bereskan sampah seperti bungkus sisa makanan yang bisa menarik datangnya babi hutan.
  • Nyalakan Api di Sekitar Tenda
Hewan liar takut akan api dan asap. Buatlah api unggun kecil di dekat tenda dengan jarak aman. Jaga api agar tetap menyala. Walaupun mati selagi masih mengeluarkan asap hewan liar seperti babi tidak akan datang. Babi hutan bisa datang pada siang maupun malam hari dimana manusia tidak aktif atau tidak sedang berada di tenda. Maka dari itu lakukan pencegahan dengan mengemas tenda dan mengamankannya dari babi hutan. Salam lestari.

0 komentar