Pendakian Gunung Merbabu via Gancik

Jalur Gancik adalah jalur baru pendakian Gunung Merbabu yang ada di Kecamatan Selo, Boyolali. Basecamp pendakian masih sama dengan jalur lama di Selo. Kita akan membayar tarif sesuai TNGM, Taman Nasional Gunung Merapi. Jalur ini masih ilegal dan belum diakui TNGM. Jalur Gancik adalah jalur evakuasi penyelamatan pendaki yang sekarang mulai dikomersilkan. Walaupun belum resmi, namun jalur Gancik ini sudah mendapat izin dari Kantor Pariwisata Kabupaten Boyolali.

Gardu Pandang Jalur Gancik
Ketika kita mendaki Gunung Merbabu melalui jalur Gancik, di tengah perjalanan kita akan menemukan sebuah gardu pandang yang bernama Gancik Hill Top untuk menikmati indahnya panorama Gunung Merapi dan indahnya kota Boyolali dari ketinggian.
Sumber gambar : petatempatwisata.com

Kelebihan Jalur Gancik
Jalur Gancik relatif lebih mudah dan lebih cepat sampai pada pos 3 jika dibandingkan dengan jalur Selo Tarubatang. Jika lewat jalur Selo Tarubatang membutuhkan waktu 4 jam sampai ke pos 3, sedangkan via jalur Gancik dapat ditempuh dengan waktu 3 jam saja. Jadi perbedaan waktu jalur Gancik dan Selo Tarubatang adalah selisih 1 jam perjalanan.

Selain dapat ditempuh dengan waktu yang relatif cepat, jalur Gancik juga sangat disarankan untuk pendaki pemula karena treknya lebih mudah dan waktu pendakian hingga ke pos 3 yang lebih cepat. Setelah pos 3 perjalanan akan kembali seperti jalur Selo lama hingga ke puncak.

Rute Pendakian Jalur Gancik
Setelah melakukan simaksi di basecamp Selo kemudian memulai pendakian dari jalur Selo lama. Ditengah perjalanan akan ada percabangan jalur Selo lama (Tarubatang) dan Gancik. Jalur Gancik ini akan sampai di Pos 3 jalur Selo Tarubatang.

  • Basecamp – Pos 1 (1-2 Jam)
    Jalur Gancik diawali dari basecamp Selo kemudian jalur awal masih sama dan menemui percabangan pada pertengahan yang akan membedakan jalur Gancik dan Selo. Pos 1 adalah tempat yang tidak terlalu luas, tidak ada shelter dan dikelilingi pohon.
  • Pos 1 – Pos 2 (30 Menit – 1 Jam)
    Jalan menuju pos 2 bisa dikatakan sangat dekat dengan trek landai, satu tanjakan dan satu dataran serta sekeliling rerimbunan pohon dan rumput yang tumbuh subur. Sampai di Pos 2 pohon – pohon besar sudah berkurang dan terkadang ada pendaki yang mendirikan di tempat ini. Tidak disarankan mendirikan tenda disini karena teralu awal dan masih jauh dari puncak.
  • Pos 2 – Pos 3 (1 Jam – 1,5 Jam)
    Jalur menuju pos 3 lumayan jauh dengan padang rumput dan edelweis yang menemani sepanjang perjalanan. Tanjakan menuju pos 3 cukup licin. Usahakan pegangan pada pohon atau rumput yang ada di sekeliling atau bisa juga membawa trekking pole. Pos 3 merupakan salah satu tempat favorit mendirikan tenda selain di sabana 1 dan 2. Disini merupakan pertemuan jalur Gancik dan jalur Selo lama.
  • Pos 3 - Sabana 1 (30 Menit – 1 Jam)
    Dari pos 3 menuju sabana 1 akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam. Sabana 1 merupakan dataran berupa hamparan rumput yang sangat cocok untuk mendirikan tenda. Sabana 1 menjadi tempat favorit mendirikan tenda para pendaki karena tempatnya yang luas dan jarak tidak terlalu jauh dengan puncak sebelum melakukan summit attack. Tempatnya yang terbuka membuat para pendaki harus bersiap – siap tendanya diterpa angin gunung. Cara mensiasatinya yaitu dengan berlindung di beberapa pohon yang ada di sabana 1.
  • Sabana 1 – Sabana 2 (30 Menit – 1 Jam)
    Perjalanan menuju sabana 2 akan melewati satu tanjakan saja dengan view yang sangat indah berupa pemandangan sabana 1 dan Gunung Merapi yang ada di selatan Gunung Merbabu. Sabana 2 kurang lebih sama dengan sabana 1 dan juga merupakan tempat favorit untuk mendirikan tenda. Sabana 2 lebih nyaman untuk mendirikan tenda karena sabana 2 terhalang oleh bukit. Setelah dari sabana 2 para pendaki dapat melanjutkan untuk summit attack ke puncak.
  • Sabana 2 – Puncak (1 – 1,5 Jam)
    Untuk sampai di puncak para pendaki akan melewati terjalnya jalan dari sabana 2 hingga puncak. Dari puncak Gunung Merbabu kita dapat menyaksikan gunung – gunung sekitar seperti Gunung Merapi, Lawu, Sindoro, Sumbing, Andong serta Ungaran. Apabila kita lewat jalur Selo kita akan langsung sampai di Puncak Kenteng Songo dan Triangulasi.

Akumulasi Waktu Pendakian Gunung Merbabu via Gancik
Basecamp – Pos 1 (1 jam)
Pos 1 – Pos 2 (30 menit)
Pos 2 – Pos 3 (1,5 jam)
Pos 3 – Sabana 1 (30 menit)
Sabana 1 – Sabana 2 (30 menit)
Sabana 2 – Puncak (1,5 jam)

0 komentar