Pendakian Gunung Kelir

Gunung Kelir merupakan salah satu gunung yang ada di daerah Ambarawa yang kini mulai ngetren di taun 2016 – 2017 dengan konsep wisata gardu pandangnya. Konsep ini hampir sama dengan konsep yang diberikan wisata Kalibiru Jogja. Tedapat beberapa spot gardu pandang di Gunug Kelir namun yang akan kita bicarakan adalah gardu pandang di Bedono, sebab spot inilah yang berada paling tinggi dibandingkan dengan gardu pandang lainnya yaitu dengan ketinggian 1384 mdpl.

Dengan ketinggian 1384 mdpl kita dapat merasakan sejuknya udara dan indahnya pemandangan di area tersebut. Tentu saja tempat ini menjadi spot yang instagramable bagi pecinta dunia fotografi. Dari puncak Gunung Kelir kita dapat melihat hijaunya lereng Gunung Kelir dengan hamparan Kota Ambarawa dari ketinggian. Bahkan jika kita pergi pada pagi hari, jika beruntung kita dapat melihat lautan awan yang indah layaknya Bukit Mojo atau Bukit Penguk Kediwung.

Wisata Gunung Kelir juga sangat cocok bagi pecinta hiking dan camping karena gunung ini menyediakan camping ground yang dapat menampung puluhan tenda. Tempat ini masih tergolong baru jadi kita tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat di puncak seperti wisata gunung mainstream.

Jika cuacanya bagus kamu akan dapat melihat pemandangan menakjubkan berupa sunrise pada pagi hari. Gunung – gunung yang mengelilingi Gunung Kelir akan membentuk siluet dengan latar belakang orange sunrise. Sepanjang pendakian ke Gunung Kelir kita akan disuguhi pemandangan hutan pinus dengan letak hutan pinus yang tidak terlalu jauh dari puncak. Dari sini kita dapat melihat landscape Gunung Ungaran yang berdiri gagah di sisi seberang.
View Gunung Kelir
sumber : Ngadem.com

Lokasi Gardu Pandang Gunung Kelir
Alamat gardu pandang Gunung Kelir terletak di Dusun Wonokasihan, Desa Bedono, Kecamatan Jambu yang berjarak 53 km dari pusat Kota Semarang. Jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam hingga ke parkiran basecamp paling bawah. Rute menuju Gunung Kelir adalah rute menuju Yogyakarta ke arah Temanggung. Setelah melewati Seroto ambil jalan ke kanan.

Trek pendakian akan menghabiskan waktu 1,5 jam perjalanan dengan jalan yang dilewati cukup terjal dan menguras tenaga. Dari puncak Kelir ini kita dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Lawu dan lain – lain. Selain gunung kita juga dapat menikmati pemandangan Danau Rawa Pening dan Kota Ambarawa, Bawen, Tuntang serta Salatiga.

Harga Tiket Masuk
Pada hari biasa : Rp. 5000
Pada Weekend : Rp. 7000
Blogger
Disqus

No comments