Membawa HP Ketika Mendaki

Pada era sekarang, gunung seolah menjadi sebuah tempat wisata yang dikunjungi banyak orang. Dari waktu ke waktu intensitas kunjungan ke gunung semakin meningkat. Meski begitu, kegiatan pendakian tetaplah kegiatan berbahaya dengan segala kemungkinan terburuknya. Sebelum memutuskan mendaki alangkah baiknya mempersiapkan segala hal mulai dari perlengkapan, mental serta fisik. Meski persiapan telah dilakukan dengan baik, namun alam bisa saja menjadi liar dan tidak bisa diprediksi. Semakin banyak pendaki maka juga semakin besar pula resiko terjadinya korban kecelakaan di gunung.

Salah satu peralatan yang wajib dibawa adalah handphone. Seringkali para pendaki membawa handphone ketika mendaki baik digunakan sebagai alat komunikasi, pengganti kamera, senter dan lain – lain. Handphone sebagai alat komunikasi memiliki manfaat positif dan negatif dalam sebuah pendakian.

Sisi positif membawa handphone ketika mendaki tak lain adalah sebagai alat komunikasi. Manfaat lain seperti seperti untuk mp3, kamera, senter, dan lain – lain adalah fungsi – fungsi tambahan pada sebuah handphone. Ketika tersesat, handphone juga sangat bermanfaat. Pendaki dapat berkomunikasi menggunakan handphone dengan cara mencari area tertinggi seperti pada puncak bukit atau memanjat pohon untuk mendapatkan sinyal untuk selanjutnya meminta bantuan dengan cara menghubungi pihak basecamp. Sebagai alat yang memiliki sifat yang sangat penting sebaiknya pada saat mendaki baterai handphone disetting sehemat mungkin baik dengan cara menggunakan mode pesawat, mematikan data, mematikan handphone atau bisa juga membawa powerbank.

Namun handphone juga memiliki sisi negatif ketika dibawa mendaki diantaranya baterai hp berstatus off pada temperatur udara rendah akan cepat mengalami lowbat. Yang kedua frekuensi pada handphone dapat berpotensi mengundang arus listrik digunung seperti pada petir. Gunakan handphone sesuai fungsinya. Ketika kita sedang mendaki pada waktu hujan sebisa mungkin matikan handphone untuk menghindari adanya sambaran petir. Sekian info kali ini semoga bermanfaat dan salam lestari.

0 komentar