Kesalahan - Kesalahan Kecil yang Dilakukan Para Pendaki

Kesalahan - Kesalahan Kecil yang Dilakukan Para Pendaki

Selain ketahanan fisik, kecerdasan dalam melakukan pendakian juga sangat diperlukan. Kecerdasan ini diperlukan agar pendaki tidak melakukan kesalahan – kesalahan mendasar yang seharusnya tidak dilakukan. Banyak kerugian yang didapat para pendaki akibat tidak memiliki intuisi dan kecerdasan membaca alam. Berikut ini hal – hal kecil yang seringkali dilakukan pendaki yang kerap berakibat fatal dan merugikan diri sendiri.

1. Memasak di dalam Tenda
Memasak di dalam tenda memang terlihat menyenangkan apalagi ketika cuaca sedang memburuk atau diluar tenda dalam keadaan basah. Namun ada konskuensi yang harus diterima ketika memasak di dalam tenda. Selain dapat mengakibatkan tenda terbakar, memasak di dalam tenda juga dapat menyebabkan pendaki keracunan asap karbon monoksida. Jika kamu mau memasak dalam keadaan basah, gunakan bagian depan tenda untuk memasak dan pastikan terdapat ventilasi di sekitarnya.

2. Membiarkan Sleeping Bag Basah
Ini adalah salah satu kesalahan dari para pendaki. Kurangnya menejemen packing dan ketidaktahuan menjadi faktor yang banyak ditemui. Umumnya ketika mereka packing tidak memikirkan untuk mengemas barang – barang yang mudah basah seperti pakaian dan sleeping bag dengan menggunakan plastik. Padahal ancaman kehujanan yang menyebabkan sleeping bag basah sangat besar. Keadaan sleeping bag yang basah akan sangat berbahaya dan sangat mungkin dapat terserang hipotermia ketika menggunakannya. Maka dari itu ketika packing usahakan barang seperti baju dan sleeping bag lebih baik dimasukkan ke dalam plastik untuk menghindari air hujan walaupun carrier sudah dilengkapi dengan cover.

3. Pakai Sepatu “Kawe”
Untuk tampil stylish memang tidak perlu mahal, namun tidak berarti harus menggunakan barang kw. Tidak jarang para pendaki mengalami lecet pada bagian belakang kaki karena adanya gesekan yang keras dan kaku. Luka yang dirasakan memang kecil tapi hal ini akan sangat mengganggu ketika melangkah dalam perjalanan akibat rasa perih yang ditimbulkan.

4. Packing Terlalu Banyak
Sadarilah bahwa mendaki cuma sebentar dan mungkin tidak akan senyaman seperti di rumah. Maka dari itu bawalah barang seadanya dan jangan terlalu “over” dalam membawa barang. Kesalahan pada pendaki pemula biasanya pada letak packing. Mereka membawa barang – barang yang mungkin tidak terpakai di gunung dan memasukkan semua ke carrier. Akibatnya carrier menjadi sesak, penuh dan terasa berat. Menejemen packing sangat diperlukan dalam sebuah pendakian. Packing yang asal – asalan dapat menyulitkan pendaki bahkan dapat menyebabkan cidera.

5. Mendirikan Tenda pada Tempat yang Salah
Kesalahan yang kerap kali dilakukan para pendaki juga mengenai pemilihan tempat bertenda tanpa melakukan observasi karena malas atau memang sudah lelah ketika mendaki. Sebelum mendirikan tenda hendaknya pendaki melakukan observasi tempat pendirian tenda. Jangan sampai berada di bawah pohon yang lapuk atau tua, berada di jalur pendakian, berada di jalur air, dan memilih tanah dengan kontur yang rata. Hal tersebut sangat penting untuk kenyamanan ketika tidur.
Baca Juga : Mencari Tempat Mendirikan Tenda

6. Kotak P3K
Mengingat kotak P3K jarang ada yang punya, maka biasanya pendaki menyepelekan hal ini. Umumnya bagi mereka yang sudah beberapa kali mendaki dan tidak mengalami sesuatu hal yang membahayakan pasti mengesampingkan kotak P3K. Hal ini sangat umum dan jama’ dilakukan para pendaki.
Baca Juga : Perlengkapan P3K pada Pendakian

Share this:

Disqus Comments