8 Tips Mendapatkan Izin dari Orang Tua untuk Mendaki

Beruntunglah bagi kalian memiliki orang tua yang pengertian dengan hobi anaknya salah satunya dalam mendaki gunung. Sayangnya tidak semua orang tua seperti itu. Beberapa orang harus memutar otak untuk bisa mendapatkan izin dari orang tuanya agar diizinkan untuk melakukan pendakian. Kejadian ini banyak terjadi bagi kamu yang masih berada pada jenjang sekolah baik SMP, SMA atau bahkan Kuliah dan bekerja. Untuk itu pada postingan kali ini akan mengulas bagaimana cara mendapatkan izin dari orang tua untuk mendaki. Diantaranya :

1. Berkelakuan Positif
Anak yang berkelakuan positif di rumah pasti lebih mudah untuk mendapatkan izin dari orang tua. Maka dari itu tunjukkanlah kelakuan baikmu jauh – jauh hari sebelum meminta izin melakukan pendakian. Jika sehari – hari saja kamu banyak ulah, menimbulkan masalah, kurang disiplin, sering teledor dan lain - lain, bagaimana orang tua akan mengizinkanmu?

2. Rencana Matang
Sebelum meminta izin kepada orang tuamu sebaiknya kamu harus sudah punya rencana matang mengenai kemana kamu mendaki? Dengan siapa perginya? Menginap dimana? Berapa lama? Kontak yang bisa dihubungi? Persiapan apa saja yang sudah kamu lakukan? Hal – hal tersebut sangatlah penting untuk orang tuamu mempertimbangkan izinnya untuk mendaki.

3. Persiapan Matang
Bekali dirimu dengan pengetahaun akan pendakian agar orang tuamu merasa yakin kamu akan baik – baik saja selama pendakian. Jadi kamu juga harus banyak membaca di situs – situs pendakian, gabung dengan forum pendakian, berolah raga, dan membuat perencanaan yang detail agar meyakinkan orang tuamu.

4. Mandiri
Sebisa mungkin hindari meminta uang kepada orang tua untuk dipergunakan mendaki. Tunjukkan bahwa kamu mandiri, dapat membiayai hobimu sendiri tanpa meminta uang dari orang tua. Perlihatkan bahwa kamu dapat hidup mandiri, tidak menyusahkan orang lain dan bertanggung jawab pada diri sendiri.

5. Bertanggung Jawab
Pikirkan baik – baik jika orang tuamu adalah tipe yang suka khawatir dengan keadaanmu. Yakinkan mereka dengan cara kamu bertanggung jawab atas apapun yang akan terjadi.

6. Mencari Dukungan
Jika usaha – usaha tersebut memang dirasa masih gagal, carilah dukungan baik dari paman, kakek, nenek, bibi, kakak atau siapapun. Bicarakan dengan mereka bagaimana mendapatkan izin dari orang tua. Mintalah bantuan mereka agar mau meyakinkan orang tuamu.

7. Perkenalkan Teman Mendakimu
Sebelum mendaki, ceritakan hal – hal mengenai teman sependakianmu baik itu keahlian, pengalaman mendaki, perilaku dan lain – lain. Selain itu perkenalkan langsung mereka ke rumahmu dan sampaikan agar bisa melihat situasi dengan berprilaku baik, meyakinkan manfaat mendaki, bagaimana mereka melakukan pendakian secara aman dan lain – lain.

8. Manfaat Mendaki Gunung
Berikan informasi kepada orang tuamu tentang segala hal positif mengenai pendakian. Bagaimana pendakian dapat berdampak positif pada dirimu. Yakinkan mereka bahwa semua yang kamu keluarkan memang benar – benar sepadan dengan apa yang akan kamu dapat.

0 komentar