Seven Summit of Indonesia (7 Puncak Tertinggi di Indonesia)

Istilah seven summit sebenarnya adalah julukan untuk gunung – gunung tertinggi yang di tujuh benua di dunia. Tujuh puncak tersebut diantaranya Everest (8.848 mdpl), Kilimanjaro (5.895 mdpl), Vinson Massif (4.897 mdpl), Elbrus (5.642 mdpl), McKinley (6.194 mdpl), Aconcagua (6.962 mdpl), dan Cartenz Pyramid (4.884 mdpl).

Sedangkan Seven Summit of Indonesia merupakan julukan untuk tujuh gunung tertinggi yang ada di Indonesia dengan tujuh pulau besarnya. Sebenarnya istilah seven summit of Indonesia hanyalah modifikasi dari seven summit. Seven Summit of Indonesia didasarkan pada tujuh pulau besar yang tersebar di Indonesia. Pulau – pulau tersebut diantaranya Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara (termasuk Bali), Kepulauan Maluku dan Papua.

Logo Seven Summit of Indonesia
Seven Summit of Indonesia memiliki logo sendiri dan sudah terdaftar di HAKI sejak April 2014. Logo ini memiliki unsur tujuh gunung tertinggi yang ada di Indonesia dengan warna yang berbeda – beda.
  1. Warna abu – abu menggambarkan Cartenz yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian diatas 4.000 mdpl. 
  2. Warna merah mewakili Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, dan Gunung Semeru dengan ketinggian diatas 3.500 mdpl. 
  3. Warna hitam mewakili Gunung Latimojong, Gunung Binaiya dan Gunung Bukit Raya dengan ketinggian dibawah 3.500 mdpl dan merupakan gunung yang tidak aktif. 
  4. Warna hijau menandakan hamparan hutan subur yang menjadi bagian gunung – gunung tersebut.
Dan berikut ini adalah gunung – gunung yang masuk dalam jajaran seven summit of Indonesia :

1. Puncak Indrapura Gunung Kerinci, Puncak Tertinggi Sumatera
Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera dengan ketinggian mencapai 3.800 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan antara perovinsi Sumatera Barat dan Jambi. Masih terdapat habitat macan Sumatera di Gunung Kerinci walaupun populasinya sedikit. Gunung Kerinci masuk dalam naungan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat). Gunung Kerinci tergolong gunung aktif dengan rute pendakian paling populer yaitu via Desa Kersik Tuo

2. Puncak Mahameru Gunung Semeru, Puncak Tertinggi Jawa
Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa dengan ketinggian mencapai 3.675 mdpl. Gunung ini terletak diantara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif dengan kepulan asap setiap kurang lebih 20 menit mengeluarkan abu vulkanik bercampur pasir dan batu. Gunung Semeru masuk dalam administrasi TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Terdapat beberapa destinasi yang sangat memanjakan mata di sepanjang jalur pendakian gunung Semeru terutama via Ranu Pane yaitu seperti Oro – Oro Ombo dan Ranu Kumbolo. Gunung Semeru bisa dikatakan gunung induk di Jawa yang sangat disakralkan bagi pemeluk Hindu baik di Jawa maupun Bali.

3. Gunung Rinjani, Puncak Tertinggi di Nusa Tenggara
Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di Nusa Tenggara dan Bali dengan ketinggian sekitar 3.726 mdpl. Gunung ini terletak di pulau Lombok NTB. Jalur pendakian Gunung Rinjani ada dua yang paling terkenal yaitu via Sembalun dan Senaru. Gunung ini menyajikan pemandangan yang fantastis di setiap jalur pendakiannya. Gunung Rinjani sangat terkenal dengan kaldera Segara Anak yang seakan memanjakan mata para pendaki. Gunung Rinjani masuk dalam pengawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

4. Gunung Bukit Raya, Puncak Tertinggi di Kalimantan
Gunung Bukit Raya merupakan gunung tertinggi di Kalimantan dengan ketinggian mencapai 2.278 mdpl. Sebenarnya gunung tertinggi di pulau Kalimantan adalah Gunung Kinabalu di Malaysia. Sedangkan Seven Summit of Indonesia membatasi puncak tertinggi hanya di negara Indonesia dan lebih memilih Gunung Bukit Raya. Gunung ini terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Gunung Bukit Raya bukanlah gunung berapi dan masuk dalam pengawasan Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya. Untuk mencapai puncak Bukit Raya, jalur paling populer adalah via Dusun Rantau Malam.

5. Puncak Rantemario Gunung Latimojong, Puncak Tertinggi di Sulawesi
Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Sulawesi dengan ketinggian 3.430 mdpl. Gunung ini terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Sumber lain menyebutkan bahwa puncak tertinggi adalah puncak Rantekombala dan bukan Rantemario. Gunung Latimojong belum masuk dalam status pengelolaan taman nasional.

6. Gunung Binaiya, Puncak Tertinggi di Kepulauan Maluku
Gunung Binaiya merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Maluku dengan ketinggian 3.027 mdpl. Gunung ini terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Rute rekomendasi untuk mendaki Gunung Binaiya yaitu lewat desa Kanike. Gunung Binaiya masuk kedalam pengawasan dari Taman Nasional Manusela dan perijinan pendakian diatur oleh kota Masohi.

7. Cartenz Pyramid Pegunungan Sudirman, Puncak Tertinggi di Pulau Papua
Puncak Cartenz Pyramid merupakan puncak tertinggi di Papua sekaligus puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Puncak Cartenz Pyramid sangat terkenal dengan salju abadi di pegunungan ini. Gunung ini terletak di provinsi Papua. Cartenz Pyramid juga masuk dalam salah satu dari Seven Summit versi Reinhold Messne. Puncak Cartenz Pyramid bisa ditempuh dari Ilaga, Singa dan Tembagapura.

0 komentar