Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo

Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo

Gunung Kelud merupakan salah satu destinasi wisata di Blitar dan Kediri serta merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Timur. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2014. Puncak yang ada saat ini merupakan hasil dari letusan Gunung Kelud pada masa lampau. Kini tersisa 3 puncak di Gunung Kelud diantaranya Puncak Kelud di sisi timur, Puncak Gajah Mungkur di sisi barat dan Puncak Sumbing di sisi selatan. Gunung Kelud berada diantara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang. Terdapat dua jalur pendakian untuk bisa mencapai puncak Kelud diantaranya :
  • via Tulungrejo
  • via Karangrejo
Rute
Untuk sampai di Tulungrejo, perjalanan diawali dari Kota Blitar, ambil arah ke Wlingi. Sampai di Wlingi dilanjutkan ke arah Pasar Semen. Sampai di pertigaan, ambil rute ke kiri dengan jalan menanjak melewati kebun teh dan akan sampai di gapura Desa Tulungrejo. Apabila kamu menemui masjid yang berada di kiri jalan, ambil arah kiri, kemudian ke kanan dan lurus hingga menemukan rumah terakhir (basecamp) sebelum hutan pinus.

Basecamp - Pos 1
Perjalanan diawali melewati hutan pinus berjalan lurus hingga menemui jalur sisi lapangan. Jalur sisi lapangan merupakan jalur masuk hutan pinus dengan rute pendek dan tidak memutar. Sepanjang jalur sudah ada penunjuk jalan. Jalan menuju pos 1 akan menanjak dalam batas wajar melewati punggungan bukit. Jalur teduh dengan pepohonan, semak dan rimbunnya bambu. Tak berselang lama kamu akan sampai di Pos 1.

Pos 1 - Pos 3
Dari Pos 1 jalan akan menanjak menyusuri hutan yang rimbun. Perjalanan menuju Pos 3 akan melewati pohon - pohon besar yang rapat dan lembab ketika hujan. Waspadalah terhadap serangan pacet di hutan gunung ini. Pos 2 tidak begitu jelas karena tidak ditemukan tanda yang menunjukkan adanya Pos 2. Di sepanjang jalan menuju Pos 3 terdapat beberapa jalan landai yang dapat kamu manfaatkan untuk beristirahat.

Pada jalur yang menanjak terdapat tempat terbuka dan dari sini kamu bisa melihat deretan pegunungan Arjuno Welirang. Sepanjang jalan didominasi alang - alang yang akan menutupi jalan. Setelah melewati vegetasi alang - alang, kamu akan sampai di area terbuka yaitu Pos 3. Pos 3 merupakan area yang dapat digunakan sebagai lokasi camp di sepanjang rute pendakian via Tulungrejo. Kamu dapat melihat sunset dari lokasi ini. Didepannya kamu akan melihat deretan pegunungan, sedangkan dari arah timur terlihat Gunung Butak.

Pos 3 - Puncak
Perjalanan dilanjutkan menuju puncak dengan menyusuri ilalang dan menuruni bukit pertama. Perjalanan dilanjutkan dengan menuruni bukit yang cukup curam dan melelahkan, kamu harus hari - hati melewatinya. Alat tebas seperti pisau sangat berguna untuk melewati trek ini.

Setelah turun kamu harus melewati 3 tanjakan dan turunan hingga sampai di batas vegetasi. Jalur didominasi dengan batu - batuan diselingi vegetasi di kanan dan kirinya. Mendekati batas vegetasi jalur mulai terbuka dan kamu akan menemukan sebuah area luas dengan batu - batuan kecil. Untuk sampai di puncak Kelud, jalur sudah jelas yaitu dengan melipir ke tebing sebelah kanan. Saat melipir kamu harus hati - hati karena jalurnya terdiri dari bebatuan dan jurang yang ada di bawahnya.

Untuk sampai di puncak Kelud kamu harus melipir dan terkadang merayap di area berbatu. Sesampainya diatas persimpangan kamu akan menemui area yang cukup luas dan memanjang. Jalur yang kamu ambil yaitu ke kanan atau ke kiri. Jalur untuk ke puncak adalah ke kiri sedangkan apabila ke kanan kamu akan sampai di bibir kawah Gunung Kelud. Untuk sampai di puncak Kelud hanya perlu melewati dua tanjakan dengan estimasi waktu 10 menit. Di puncak Kelud kamu akan bisa menikmati pemandangan kawah Gunung Kelud.

Tips mendaki Gunung Kelud via Tulungrejo
  1. Bawa air secukupnya karena disepanjang jalur tidak terdapat sumber air.
  2. Gunakan gaiters untuk menghindari serangan pacet disepanjang jalur pendakian Pos 1 hingga Pos 3
  3. Meskipun cuaca tidak hujan, tetap pakai jas hujan di sepanjang pos 3 hingga batas vegetasi karena saat menyusuri vegetasi celanamu akan basah oleh kabut pagi.
  4. Bawa minyak ant gatal untuk jaga - jaga dari serangan nyamuk da ulat bulu
  5. Waspada terhadap tikus hutan yang muncul di Pos 3 saat perang
  6. Bawalah alat tebas untuk melewati vegetasi hutan
Estimasi pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo
  • Basecamp - Pos 1 (1 Jam 20 Menit)
  • Pos 1 – Pos 3 (1 Jam 50 Menit)
  • Pos 3 – Batas Vegetasi (40 Menit)
  • Batas Vegetasi – Puncak (30 Menit)

Share this:

Disqus Comments