Tips Melakukan Pendakian dengan Biaya Murah

Mendaki gunung memang ngetrend saat ini semenjak adanya tv dan film yang menayangkan tentang kegiatan pendakian. Terlebih, banyak foto - foto pendakian yang diupload di instagram yang memanjakan mata. Mendaki juga seakan menjadi hal wajib bagi para mahasiswa sebelum menuntaskan studinya. Walaupun kegiatan pendakian terbilang sangat melelahkan, namun semua akan terbayar ketika sampai di puncak. Kamu akan menikmati indahnya puncak gunung yang seakan membayar rasa lelahmu. Dari kegiatan pendakian, selain dapat mengusir stres, mendaki juga melatih diri dalam bersabar dan memiliki banyak manfaat positif lain. Namun sebagian orang ada yang enggan melakukan pendakian dikarenakan beberapa alasan, diantaranya :
  1. Manja
    Kegiatan pendakian mengharuskanmu disiplin dan melewati batas nyamanmu. Selama pendakian kamu akan bersusah payah, lelah, menguji diri, melewati batas kemampuan, dan mengharuskanmu berkoordinasi, baik dengan teman sesama pendaki maupun dengan alam. Hal ini sangat bertolak belakang dengan orang - orang yang tidak mau capek dan ingin sampai diatas tanpa bersusah payah. Padahal dibalik proses pendakian inilah para pendaki dapat merasakan manfaat - manfaatnya. Sebagian pendaki meyakini bahwa puncak adalah bonus, yang mereka inginkan yaitu melakukan pendakian dan sampai di rumah dengan selamat. Hal ini sangat bertolak belakang dengan orang - orang yang terkesan "manja".
     
  2. Belum Ada yang Mengajak
    Terkadang niat ingin naik gunung tidak selaras dengan teman - teman lain. Dan terlebih mendaki sendirian adalah hal yang sangat membahayakan bagi pendaki pemula. Oleh karena itu banyak diantara pendaki mengurungkan niatnya untuk mendaki gunung karena tidak ada teman yang mau diajak. Sebenarnya ada jalan keluarnya yaitu dengan bergabung di komunitas pendaki. Komunitas pendaki ada banyak di sosial media terutama di facebook. Kamu dapat mencari barengan disana dan melakukan pendakian dengan orang baru yang tentunya akan sangat menantang.

  3. Faktor Uang
    Tidak bisa dipungkiri bahwa mendaki merupakan kegiatan yang mahal dan menghabiskan uang. Dari peralatan hingga logistik selama pendakian, kamu harus merogoh kocek dalam - dalam. Apalagi ditambah lokasi gunung yang berada di luar kota atau bahkan di luar provinsi. Untuk melakukan pendakian tentunya harus benar - benar memenejemen uang sebaik mungkin apalagi bagi kamu yang seorang mahasiswa.

Diatas adalah faktor - faktor penghambat dalam melakukan pendakian. Untuk poin satu dan dua merupakan poin yang sedikit dikesampingkan. Di postingan kali ini akan mebahas faktor uang sebagai penghambat kegiatan pendakian. Faktor uang memang sangat vital bagi kegiatan pendakian, baik pendaki pemula maupun pendaki senior, masalah uang menjadi masalah utama dalam setiap kegiatan mendaki. Namun bagi kamu yang bener - bener niat mendaki, kamu bisa kok mendaki dengan uang minim. Berikut adalah beberapa tips mendaki gunung murah yang bisa kamu coba.

1. Pilih gunung dengan ketinggian dibawah 1500 mdpl
Semakin tinggi gunung maka akan semakin lama jarak tempuh dan semakin banyak logistik yang terkuras. Untuk itu pilihlah gunung dengan ketinggian yang relatif rendah yaitu gunung - gunung yang berada pada ketinggian di bawah 1500 mdpl. Kamu bisa mendaki dengan cara tektok yang hanya membutuhkan peralatan sedikit dan dengan biaya yang lebih murah. Untuk gunung di Jawa Tengah kamu bisa mendaki Gunung Andong, Prau dan Sikunir yang tergolong rendah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendaki. Untuk Gunung Ungaran ada baiknya menginap di Promasan agar tidak perlu membawa banyak peralatan dan bisa tidur dengan nyenyak di rumah warga untuk selanjutnya summit ke puncak pada pagi buta.

2. Naik dengan banyak orang
Keuntungan mendaki beramai - ramai adalah pengeluaran akan lebih sedikit karena pengeluaran selama pendakian ditanggung setim pendakian. Maka dari itu lakukan pendakian dengan banyak orang agar pengeluaran dapat terkendali,

3. Jangan menyewa, tapi meminjam
Usahakan kurangi uangmu untuk menyewa. Apabila ada temenmu yang memiliki peralatan mendaki, pinjamlah. Harga sewa peralatan pendakian tergolong mahal dan sangat memberatkan kantong untuk hitungan hanya mendaki dalam waktu sehari, lebih baik uang sewa peralatan dilarikan ke logistik pendakian. Untuk itu usahakan jangan menyewa melainkan meminjam peralatan teman yang memiliki hobi mendaki. Namun ingat, rawat dan kembalikan tepat waktu agar sewaktu - waktu ketika meminjam tidak dipersulit.

4. Jika membeli, cari barang second
Peralatan pendakian tergolong mahal, untuk itu usahakan apabila kamu memang berniat ingin memiliki barang - barang mendaki namun dengan kantong yang tipis, usahakan mencari barang - barang yang second saja. Barang second outdoor banyak di jual di grup forum jual beli alat outdoor di facebook. Kamu bisa mendapatkan alat pendakian yang relatif murah daripada yang baru dengan kualitas yang bersaing. Tapi ingat selalu cek barang, sesuaikan harga dengan kualitas dan usahakan cari merk brand terkenal agar tidak menyesal di kemudian hari.

5. Manfaatkan fasilitas yang diberikan oleh gunung
Sebenarnya gunung memiliki beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan para pendaki untuk memperkecil pengeluaran. Seperti mata air, warung, penginapan dan lain - lain. Beberapa gunung memiliki mata air di sepanjang jalur pendakian, kamu dapat memanfaatkannya untuk minum ataupun sekedar untuk air memasak. Beberapa gunung juga menyediakan warung yang berada di puncak seperti Gunung Lawu dan Gunung Andong, kamu bisa mengurangi logistikmu dan memanfaatkan warung tersebut. Sedangkan gunung seperti Gunung Ungaran menyediakan tempat menginap di rumah warga yang bisa kamu manfaatkan agar tidak menyewa tenda.

6. Pintar - pintar memilih logistik
Banyak diantara para pendaki yang menyederhanakan logistik untuk pendakian. Seperti memilih air minum aqua untuk minum dan air minum indomaret untuk masak, mengganti sayuran dan nasi dengan mie instan dan lain - lain. Hal ini sangat perlu ketika kamu memutuskan untuk melakukan kegiatan pendakian.

7. Lakukan pendakian tektok
Pendakian tektok identik dengan gunung yang rendah. Pendakian tektok selain mendaki dengan waktu yang singkat, namun juga menggunakan logistik yang terbilang sedikit. Kamu bisa mendaki dengan cara tektok agar memperkecil pengeluaran.
Baca Juga : Pendakian Tektok
8. Nabung
Mulailah menabung dan mempersiapkan jauh - jauh hari sebelum memutuskan untuk mendaki gunung. Kamu dapat menabung 50.000 - 500.000 per bulan untuk menyicil melakukan pendakian gunung.

0 komentar