Pendakian Gunung Welirang via Tretes

Gunung Welirang adalah gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.156 mdpl yang bersebelahan dengan Gunung Kembar 1&2 dan Gunung Arjuno. Gunung Welirang berada di perbatasan kabupaten Malang dan Mojokerto, Jawa Timur. Meskipun gunung ini tak sepopuler Gunung Semeru dan Gunung Raung, namun medan yang disuguhkan akan benar - benar tidak pernah bisa dilupakan terutama trek tanjakan asu dan tanjakan naga. Salah satu jalur pendakian Gunung Welirang adalah jalur Tretes.

Basecamp - Pos 1 (Pet Bocor)
Mengawali perjalanan dari basecamp kamu sudah harus dihadapkan dengan tanjakan makadam dengan semakin miring menanjak dengan waktu sekitar 20 menit sampai di Pos 1. Sebelum sampai ke Pos 1 kamu akan menemukan pertigaan, ambil arah kiri untuk sampai ke Pos 1 dan ke kanan untuk sampai di tempat wisata air terjun Kakek Bodo. Di Pos 1 terdapat warung yang dapat digunakan untuk istirahat.

Pos 1 - Pos 2 (Kop - Kopan)
Dari Pos 1 perjalanan dilanjutkan dengan berjalan melewati jalan berupa semen cor - coran dan berubah menjadi batu - batuan yang tidak teratur. Untuk sampai di Pos 2 kira - kira membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Terdapat sumber air dan warung kecil disini.

Pos 2 - Pos 3 (Pondokan)
Masih dengan jalur makadam menanjak, jalur menuju Pos 3 akan lebih menyiksa. Tanjakan tiada henti akan menguras tenagamu. Tanjakan inilah yang disebut tanjakan asu yang akan mengantarmu hingga ke Alas Lali Jiwo yang dekat dengan dengan Pos 3. Di Pos 3 terdapat tempat - tempat berbentuk rumah kecil untuk menyimpan belerang dan sumber air.

Pos 3 - Lapangan
Sebelum sampai di puncak, kamu terlebih dahulu menuju lapangan yang berada diantara Gunung Kembar 1 & 2. Untuk sampai disini kamu harus melewati jalan berbatu dan menanjak.

Lapangan - Puncak
Setelah dari lapangan, perjalanan dilanjutkan dengan melewati sisi bukit yang bersebelahan dengan jurang dan akan tampak Gunung Kawi dan Gunung Butak. Mendekati batas vegetasi, kamu akan mencium bau belerang dan asapnya yang mengepul. Disini sudah hampir mendekati puncak. Puncak Welirang tidak begitu luas dengan kawah belerang yang mengepul. Dari puncak Welirang, kamu dapat melihat Gunung Penanggungan, Gunung Arjuno hingga Gunung Semeru dari kejauhan.

Estimasi Waktu Pendakian
Basecamp - Pos 1 Pet Bocor (20 menit)
Pos 1 - Pos 2 Kop Kopan (3 jam)
Pos 2 - Pos 3 Pondokan (3 jam)
Pondokan - Puncak (3 jam)

Peta Pendakian Gunung Welirang via Tretes

Pendakian Gunung Welirang via Tretes
Trek

Pet Bocor

Kopkopan

Pondok Welirang

Puncak Welirang

0 komentar