Pendakian Gunung Salak via Cimelati

Gunung Salak memiliki tujuh puncak, namun puncak yang paling sering didaki adalah puncak Gunung Salak 1 dengan ketinggian 2800 mdpl dan Gunung Salak II dengan tinggi 2211 mdpl. Medan pendakian Gunung Salak sangat menantang. Untuk sampai di Puncak I Gunung Salak terdapat beberapa jalur pendakian diantaranya :
  • via Cimelati
  • via Cangkuang
  • via Jaya Giri
Jalur yang paling sering digunakan untuk mendaki adalah jalur Cilemati. Dalam pendakian jalur Cilemati, kamu akan menemukan 3 buah air terjun yang hanya bisa dinikmati ketika musim hujan saja.

Rute
Terminal Barangsiang, Bogor >> Sukabumi turun di Cimelati

Pos 1 - Pos 2
Perjalanan diawali dengan mengikuti jalan aspal yang akan membawamu sampai di Hutan Damar. Berjalan selama 5 menit dari Pos 1 kamu akan menemukan Hutan Damar. Dari Hutan Damar trek akan menanjak namun tidak begitu curam. Keluar dari Hutan Damar kamu akan menemui ladang milik penduduk, baru setelah itu kamu akan masuk hutan dengan trek berupa jalan setapak yang tidak terlalu menanjak hingga sampai di Pos 2. Waktu tempuh dari Hutan Damar hingga Pos 2 sekitar 50 menit. Di Pos 2 kita bisa mengisi air sebelum melanjutkan pendakian.

Pos 2 - Pos 3
Perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 3 trek tidak begitu curam namun akan menanjak ketika melewati hutan. Jika kamu menemukan pertigaan selalu ambil jalan lurus jangan berbelok ke kiri maupun ke kanan. Sepanjang jalan kamu akan menemui jalan berupa akar yang mencuat keluar dari tanah. Tidak begitu lama kamu akan menemui sumber air berupa pipa yang telah dilubangi. Pipa ini merupakan sumber air terakhir hingga mencapai puncak.

Perjalanan dari Pos 2 menuju Sumber Air akan memakan waktu sekitar 40 menit perjalanan. Di Sumber Air terdapat jalan bercabang, ambil arah lurus dengan jalan kondisi basah dan mengecil. Jarak Sumber Air ke Pos 3 akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Pos 3 merupakan tanah datar yang dipenuhi akar dan sepintas tidak terlihat karena berada di jalur pendakian dan tidak ada plang tulisan penunjuk nama Pos 3.

Pos 3 - Pos 4
Jalan menuju Pos 4 akan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan medan yang cukup miring. Pos IV terdapat plang bertuliskan Pos 4 yang dipaku di pohon yang cukup besar. Vegetasi di perjalanan menuju Pos 4 cukup rapat.

Pos 4 - Pos 5
Perjalanan dilanjutkan menuju Pos 5 dengan trek seperti sebelumnya. Waktu tempuh untuk mencapai Pos 5 adalah sekitar 2 jam perjalanan. Pos 5 berupa pos kecil yang berada di jalur setapak. Tidak ada yang istimewa dari Pos 5 ini.

Pos 5  - Pos 6
Dari Pos 5 menuju Pos 6  jalan mengecil namun masih terlihat. Estimasi waktu untuk sampai di Pos 6 adalah sekitar 1 jam perjalanan. Pos 6 berada di tikungan kekanan dari jalan setapak. Pos 6 tidak terlalu besar. Pos 6 merupakan pos terakhir sebelum sampai di puncak.

Pos 6 - Puncak
Jalan menuju puncak melewati jalan setapak yang mengecil dengan akar pohon yang menutupi jalan. Perjalanan dari Pos 6 menuju puncak akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jalur Cilemati akan berdekatan dengan jalur Cidahu. Jalur Cilemati akan berakhir di dekat pondok yang ada di puncak Gunung Salak 1.

Estimasi Waktu Pendakian
Pos 1 - Pos 2 (1 jam)
Pos 2  - Pos 3 (2 jam 40 menit)
Pos 3 - Pos 4 (1 jam 30 menit)
Pos 4 - Pos 5 (2 jam)
Pos 5 - Pos 6 (1 jam)
Pos 6 - Puncak (2 jam)

Pendakian Gunung Salak via Cimelati

Sumber
savanailalang.blogspot.com
cliffklie.blogspot.com
Blogger
Disqus

No comments