Pendakian Gunung Salak via Cidahu Sukabumi

Jalur pendakian Gunung Salak via Cidahu terletak di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi atau berada Wana Wisata Cangkuang yang merupakan area perkemahan dengan air terjun yang sangat indah. Terdapat beberapa jalur pendakian di Gunung Salak diantaranya :
  • via Giri Jaya (Curug Pilung)
  • via Cilemati / Kutajaya
  • via Pasir Reungit
  • via Cidahu
Pendakian Gunung Salak via Cidahu terdapat 2 jalur pendakian yaitu jalur lama menuju puncak 1 Gunung Salak dan jalur baru menuju Kawah Ratu

Rute
Semua Kota >> Sukabumi >> Cidahu

Wana Wisata - Pos 3
Perjalanan dari Wana Wisata menuju Pos 3 akan melewati trek jalur yang cukup curam dan lembap. Ketika hujan jalan akan terasa licin, terdapat akar - akar yang dapat membantu meringankan perjalanan.

Pos 3 - Pos 4
Berikutnya perjalanan menuju Pos 4 jalur akan semakin curam dengan trek berupa tanah merah sehingga pada saat musim hujan jalur akan terasa becek sedalam mata kaki yang akan mengganggu. Sebelum sampai di Pos 4 kamu akan melewati 2 sungai yang jernih yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi air karena sungai ini merupakan sumber air terakhir di jalur pendakian. Pos 4 merupakan sebuah pertigaan. Bila kita mengambil arah kiri kamu akan sampai di Kawah Ratu sedangkan ke kanan kamu akan sampai di puncak 1 Gunung Salak.

Pos 4 - Kawah Ratu
Untuk mencapai Kawah Ratu waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan. Kawah Ratu merupakan kawah aktif sehingga tidak diperbolehkan mendirikan tenda disini.

Pos 4 - Puncak
  • Pos 4 - Shelter 4
    Untuk mencapai puncak, dari Pos 4 ambil arah kanan yang akan bertemu shelter 3 dan akan dilanjutkan menuju shelter 4 dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan trek dipenuhi akar - akar pohon.

    Bila kita menemukan sungai kecil dan tempat yang sangat luas, ambil arah kanan dan berjalan dari kiri mengikuti kawat berduri. Hati - hati melewati jalan ini karena terdapat beberapa jurang yang tertutup rerumputan.
  • Shelter 4 - Shelter 5 - Shelter 6Perjalanan menuju shelter 5 akan menaiki tanjakan tajam yang memaksa kamu memanjat tebing batu curam. Untuk sampai di shelter 6 jalur akan semakin sempit menanjak dan cukup curam.
  • Shelter 6 - Shelter 7
    Selanjutnya menuju shelter 6 pendaki melewati punggungan. Untuk mencapai shelter 7 waktu yang dibutuhkan yaitu sekitar 1 jam dengan trek berupa akar - akar pohon.
  • Shelter 7 - Puncak 1Untuk mencapai Puncak 1 Gunung Salak waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit dengan jalur yang sudah tidak lagi curam. Puncak 1 merupakan tempat yang cukup luas dan dapat menampung beberapa tenda. Di Puncak 1 terdapat beberapa pohon - pohon besar. Di Puncak Salak terdapat makam kuno dengan sebuah pondok yang difungsikan untuk tempat menginap bagi para peziarah. 
Estimasi Waktu Menuju Puncak 1 dan Kawah Ratu
Wisata Cangkuang - Kawah Ratu (3 hingga 5 jam perjalanan)
Wisata Cangkuang - Puncak 1 (8 jam)

sumber : ohgunung.com

Peta Pendakian Gunung Salak via Cidahu

Pendakian Gunung Salak via Cidahu

sumber
sarahmulyana.com
wisatagunung.com
cokorngaprak.blogspot.com

0 komentar