Pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo

Gunung Penanggungan merupakan gunung dengan status tertidur yang berada di Jawa Timur dengan ketinggian sekitar 1.653 mdpl. Salah satu jalur pendakian untuk bisa sampai di puncak Gunung Penanggungan adalah via Jolotundo. Jalur Jolotundo terbilang panjang bila dibandingkan dengan jalur Tamiajeng. Keistimewaan jalur ini adalah adanya situs - situs sejarah di sepanjang jalur pendakian. Jalur Jolotundo berada di Trawas, Mojokerto atau berjarak 30 menit dari pos pendakian Tamiajeng.

Pos Perijinan - Candi Bayi
Di Pos Perijinan kamu harus membayar Rp. 10.000 (mungkin sudah berubah) dan menyerahkan ktp. Awal pendakian akan melewati tangga yang berada di sebelah selatan mushola sebelum gapura masuk Candi Petirtaan Jolotundo dan akan mengantarmu menuju hutan gunung. Memasuki hutan kamu akan menemui vegetasi yang rapat akan rerimbunan pohon. Setelah melewati vegetasi pohon di hutan, selanjutnya vegetasi tersebut akan sedikit demi sedikit terbuka dimana Gunung Bekel akan terlihat di sebelah kiri. Selama 1 jam perjalanan kamu akan sampai di Candi Bayi yang merupakan candi pertama yang akan kamu temui selama di jalur pendakian Jolotundo.

Candi Bayi - Candi Putri
Dari Candi Bayi dilanjutkan menuju Candi Putri dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Dari Candi Bayi ambil jalur kiri melewati bekas jalur lahar dengan trek menanjak melewati vegetasi hutan. Kamu akan melihat bukit Gajah Mungkur yang sedikit menghiburmu dalam perjalanan. Selama 1 jam perjalanan kamu akan sampai di Candi Putri yang merupakan candi terbesar di jalur pendakian Jolotundo. Di lokasi ini bisa untuk mendirikan 2 tenda.

Candi Putri - Candi Pura
Untuk sampai di Candi Pura dibutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan. Candi Pura merupakan candi yang masih berupa bongkahan batu yang belum tertata dan belum dilakukan restorasi. Namun bila melihat banyaknya bongkahan diperkirakan candi ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Candi Pura - Candi Gentong
Perjalanan dilanjutkan menuju Candi Gentong dengan waktu tempuh 15 menit. Kamu akan menemukan sebuah bangunan kecil yang berada bersebelahan dengan sebuah gentong berupa batu dengan ukuran cukup besar.

Candi Gentong - Candi Sinta
Perjalanan selanjutnya kamu akan bertemu dengan Candi Sinta dengan waktu tempuh dari Candi Gentong adalah sekitar 10 menit perjalanan. Candi Sinta merupakan candi terakhir di jalur pendakian Jolotundo serta terdapat makam di sebelahnya.

Candi Sinta - Lapangan
Selepas dari Candi Sinta trek akan semakin menanjak dan vegetasi pohon mulai jarang ditemui. Trek akan semakin terjal ketika mendekati lapangan. Di lapangan kamu akan bisa melihat puncak Gunung Penanggungan. Di lapangan juga terdapat petilasan hanoman. Para pendaki biasanya mendirikan tenda di sini.

Lapangan - Puncak
Untuk sampai di puncak dibutuhkan waktu sekitar 10 menit. Dari puncak Pawitra Gunung Penanggungan kamu akan bisa melihat kota Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto hingga Surabaya. Dari sini kamu juga akan melihat gagahnya Gunung Arjuno Welirang.

Estimasi Waktu Pendakian
Pos Perijinan - Candi Bayi (1 jam)
Candi Bayi - Candi Putri (1 jam)
Candi Putri - Candi Pura (20 menit)
Candi Pura - Candi Gentong (15 menit)
Candi Gentong - Candi Sinta (10 menit)
Candi Sinta - Lapangan (1,5 jam)
Lapangan - Puncak (10 menit)

Pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo
Candi Bayi

Candi Putri

Candi Pura

Candi Gentong

Candi Sinta

Puncak Pawitra Gunung Penanggungan

0 komentar