Pendakian Gunung Papandayan via Cisurupan

Pendakian Gunung Papandayan via Cisurupan

Gunung Papandayan berada di Kabupaten Garut. Gunung ini bertipe Stratovolcano, saat sebelum meletus pada tahun 2002, Gunung Papandayan mempunyai empat kawah yang cukup besar namun setelah meletus keempat kawah tersebut melebur dan menjadi sebuah areal kawah yang cukup besar sehingga terlihat jelas dari kejauhan. Gunung Papandayan dapat ditempuh bukan hanya bagi para pendaki melainkan masyarakat umum, hal ini karena terdapat jalan aspal yang membentang hingga ke dekat kawah Papandayan.

Para pendaki dapat memarkirkan kendaraannya di pelataran parkir yang cukup luas dan berjalan selama 5 menit dari parkiran untuk sampai di kawah Gunung Papandayan yang bernama Kawah Mas. Di kawasan parkir terdapat banyak warung - warung yang menyediakan makanan bagi para wisatawan maupun pendaki dan kawasan parkir ini juga dekat dengan Pondok Salada yang juga terdapat warung  - warung. Bagi para pendaki biasanya melakukan pendakian dari alun - alun Pondok Salada. Terdapat beberapa wilayah unggulan di Gunung Papandayan diantaranya Kawah Papandayan, Hutan Mati, Pondok Salada, Gober Hut, Tegal Alun, dan Tegal Panjang.

Perijinan
Untuk memasuki wilayah kawasan Papandayan dikenakan retribusi Rp. 10.000 per orang (harga mungkin sudah berubah).

Parkiran - Alun - Alun Pondok Salada
Dari lahan parkir perjalanan dilakukan dengan melewati jalur setapak melewati kawah, hati - hati ada beberapa bagian yang gembur dan cukup panas dan bisa menyebabkan kaki terperosok. Aroma belerang akan menyengat sepanjang jalur ini.

Dari jalan setapak kemudian berbelok ke kanan dan keluar dari komplek kawah. Kamu akan menemui jalan mendatar hingga bertemu dengan warung dan disini bisa menampung tenda sebanyak 30 tenda. Pondok Salada berada dekat dengan warung ini yaitu dengan berjalan 5 menit hingga menemukan Pondok Salada yang berada dekat dengan sungai yang mengandung belerang. Di Pondok Saladah terdapat camping ground serta bunga - bunga edelweis yang mengitarinya.

Pondok Salada - Alun - Alun Tegal Alur
Perjalanan dilanjutkan menuju Tegal Alur. Dari Pondok Salada kamu harus mendaki sebuah punggungan yang ada di depan Pondok Salada dengan trek jalan yang terbuat dari batu - batuan. Setelah selesai menaiki tanjakan punggungan yang curam, kemudian dilanjutkan dengan jalan datar dan berbelok ke kiri dan menyusuri punggungan. Hati - hati ketika melewati punggungan karena berbatasan langsung dengan jurang. Setelah selesai melewati hutan yang tidak begitu lebat, kamu akan sampai di Alun - Alun Tegal Alur. Sebelum sampai di alun - alun terlebih dahulu akan melewati lapangan yang lebih mirip sebuah kawah mati. Kamu juga akan melewati wilayah yang disebut Hutan Mati.

Tegal Alur - Puncak
Perjalanan menuju puncak dari Tegal Alur kamu akan melewati jalan setapak yang berseberangan dengan sungai kecil dan membelok ke kanan ke arah hutan. Hati - hati melewati jalan ini karena terkadang terdapat jalan yang tiba - tiba menghilang, namun apabila kita jeli di sepanjang jalan ada ikatan tali rafia yang diikatkan pada ranting pohon sebagai penanda jalan berwarna merah dan biru.

Pemandangan di puncak Gunung Papandayan hanyalah sebuah kawah. Terdapat jalan stapak untuk menuruni gunung. Puncak gunung ini berupa lahan kecil dan tersamar dengan jalan setapak yang membelah.

Tempat Menarik di Pendakian Gunung Papandayan
1. Kawasan Kawah
Kawasan kawah biasanya digunakan untuk pengambilan foto dari para wisatawan. Hati - hati apabila
kamu sedang ada disini, sangat berbahaya apabila terlalu banyak menghirup asap belerang.

2. Alun - Alun Pondok Salada
Pondok Salada merupakan sebuah wilayah camping ground yang sangat luas dan dapat menampung banyak tenda.

3. Alun - Alun Tegal Alur
Tegal Alur merupakan sebuah alun - alun yang cukup besar dengan pemandangan kawah dan puncak Papandayan.

Tips Pendakian Papandayan
  • Hindari mendaki sore hari, selain berkabut kondisi asap kawah akan mengeluarkan volumenya yang banyak dan sangat berbahaya bagi pernapasan.
  • Bila melakukan pendakian tektok usahakan membawa logistik secukupnya dan langsung turun ke pos informasi setelah selesai dari puncak
  • Kalau ingin bermala, buka tendamu di Pondok Salada, dan lakukan summit tanpa membawa banyak barang
  •  Kendaraan dari Terminal Guntur menuju Desa Cisurupan ada setiap waktu, namun direkomendasikan untuk berangkat sebelum sore, selain bisa nego dengan mudah kamu juga dapat dengan mudah menemukan kendaraan umum.

Video Pendakian Gunung Papandayan via Cisurupan
Credit : Khairul Leon (Uploader)

Pemandangan Pendakian Gunung Papandayan
Kawah Papandayan

Pondok Salada

Hutan Mati

Puncak Papandayan

Sumber 
routinescape.wordpress.com
theuntitle.wordpress.com
liburmulu.com
piknikdong.com

Share this:

Disqus Comments