Pendakian Gunung Lembu

Gunung Lembu merupakan gunung yang terletak di Purwakarta Jawa Barat. Gunung Lembu tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 780 mdpl. Pendakian Gunung Lembu akan lebih mudah dilakukan ketika musim panas untuk menghindari tanjakan yang basah karena akan menambah beban dan menghindari jalur yang licin. Kamu bisa mendaki tektok atau dengan mendirikan tenda. Waktu untuk sampai di tempat mendirikan tenda di puncak yaitu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Karena di jalur pendakian terdapat tempat yang dikeramatkan, kamu harus menjaga sikap selama mendaki Gunung Lembu.

Rute
Jika perjalanan diawali dari Bandung, ambil arah menuju Purwakarta dilanjutkan menuju jalur Cikalong Wetan, Darangdang. Jika melewati Cilawi tanyalah kepada warga jalan menuju Gunung Lembu. Kalau dari arah Bandung belokannya berada di kiri jalan. Masuk jalan itu kamu akan melihat truk - truk besar, selanjutnya ikuti jalan. Waktu dari jalan raya menuju pos pelaporan sekitar 30 menit.

Pos 1 - Pos 2
Sebelum dari Pos 1 kita akan menemukan pertigaan, arah ke Pos 1 adalah ke arah kiri sedangkan ke kanan akan sampai ke saung ceria, lahan yang dipergunakan untuk membuka tenda namun jauh dari puncak Gunung Lembu. Pos 1 merupakan lahan datar dan terdapat warung. Perjalanan menuju Pos 2 dengan trek menanjak namun tidak terlalu ekstrim. Pos 2 terdapat lahan datar dengan warung yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi logistik.

Pos 2 - Puncak
Perjalanan menantang akan menemani menuju puncak dengan kiri dan kanan jalan berupa jurang. Kamu dapat melihat Waduk Jatiluhur dari kejauhan sepanjang jalur pendakian menuju puncak. Tetap jaga konsentrasi dan hati - hati karena kamu akan menemukan turunan yang curam dengan pijakan berupa bebatuan. Ditengah perjalanan kamu akan menemui makam Keramat Mbah Jongrang dan Mbah Raden Suryakencana. Puncak Lembu terdapat lahan luas yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Namun posisi mendirikan tenda terbaik untuk menikmati pemandangan Waduk Jatiluhur yaitu dengan berjalan sekitar 5-10 menit dari puncak menuju Batu Lembu.

Tebing yang menjorok keluar berupa punggungan seperti punuk sapi maka dinamakan Batu Lembu. Walaupun tempat ini menyeramkan, namun dari sini kamu dapat melihat pemandangan Waduk Jatiluhur.

Pendakian Gunung Lembu

0 komentar