Pendakian Gunung Guntur via Curug Citiis

Gunung Guntur terletak di Kecamatan Tarogong Keler, Kabupaten Garut dengan ketinggian mencapai 2249 mdpl. Gunung Guntur merupakan salah satu gunung aktif di Jawa dan terakhir erupsi pada tahun 1847. Gunung Guntur berjenis stratovolcano dengan bentuk kerucut. Terdapat 4 puncak di Gunung Guntur dengan puncak paling tinggi yaitu 2249 mdpl. Trek pendakian Gunung Guntur mirip dengan Gunung Semeru dengan trek pasir dan krikil.

Gunung Guntur merupakan sebuah nama dari komplek gunung api. Komplek ini terdiri dari beberapa gunung diantaranya Gunung Masigit (2249 mdpl), Gunung Parukuyan (2135 mdpl), Gunung Kabuyutan (2048 mdpl) dan Gunung Guntur (2249 mdpl).

Gunung Guntur walaupun cuma 2000an mdpl namun trek di gunung ini lumayan menguras tenaga. Ketika melakukan summit kamu akan merasakan tanjakan dengan trek berpasir, dan pada saat pergantian musim kamu akan menemukan tumbuhan ilalang merah terutama pada bulan mei hingga juli. Terdapat 2 jalur resmi dalam pendakian Gunung Guntur yaitu via Curug Citiis dan Cikahuripan. Jalur Citiis merupakan jalur terpendek dan termudah. Jalur ini kamu akan melewati Curug Citiis dan penambangan pasir yang telah beroprasi sejak tahun 1960an.

Biaya simaksi di jalur pendakian Curug Citiis adalah 22.500 per orang (mungkin sudah berubah). Sedangkan sumber air di jalur pendakian Curug Citiis berada pada sepanjang Pos 1 hingga Pos 3.

Basecamp - Pos 1 Curug Citiis
Perjalanan dari basecamp menuju Pos 1 berupa jalan dari batu datar hingga sampai di pos awal. Waktu untuk sampai di Pos 1 adalah sekitar 1 jam. Jalan menuju Pos 1 terkadang sangat membingungkan, kamu hanya perlu mengikuti paralon putih dan kabel yang ada di atasmu.

Pos 1 - Pos3
Perjalanan menuju Pos 3 akan ditempuh selama 3 jam. Di Pos 3 kamu harus melakukan simaksi. Para pendaki hanya diperbolehkan membuka tenda di Pos 3 ini. Para pendaki dilarang membuka tenda di puncak, karena banyaknya korban yang tersambar petir, terpeleset ataupun tertimpa batu.

Pos 3 - Puncak
Summit diawali di Pos 3, waktu untuk sampai di puncak membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Pada musim hujan pasir menuju puncak akan memadat, sedangkan bila musim kemarau kamu akan merasakan trek layaknya di Gunung Semeru yaitu mendaki 3 langkah akan turun 2 langkah dengan debu yang sangat mengganggu.

Untuk summit, kamu bisa memulainya pada jam setengah 4 pagi untuk mengejar sunrise. Sunrise terbaik ada di puncak 2. Waktu dari puncak 1 ke puncak 2 akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit dengan trek lumayan menguras tenaga. Puncak 2 ditandai dengan adanya tugu geodesi dan plang bertuliskan puncak Guntur. Ketinggian puncak 2 adalah 2249 mdpl.

Estimasi Waktu Pendakian
Basecamp - Pos 1 (1 jam)
Pos 1 - Pos 3 (3 jam)
Pos 3 - Puncak 1 (2 jam)
Puncak 1 - Puncak 2 (15 menit)

Peta Pendakian Gunung Guntur via Curug Citiis
Pendakian Gunung Guntur via Curug Citiis

Sumber
backpackerjakarta.com
tiny-wanderlust.blogspot.com
gubukcerito.blogspot.co.id
cmeythasari.wordpress.com
www.garutapakabar.com

0 komentar