Pendakian Gunung Guntur via Cikahuripan

Pendakian Gunung Guntur via Cikahuripan

Gunung Guntur memiliki ketinggian sekitar 2249 mdpl dan merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Barat. Gunung Guntur terletak di Garut, Jawa Barat. Jika kebanyakan gunung di Jawa Barat berupa vegetasi pohon yang lebat, Gunung Guntur lebih mirip padang savana dengan didominasi area terbuka.Trek Gunung Guntur sangat menantang bahkan ada yang menjuluki replika Gunung Semeru yang ada di Jawa Barat.

Gunung ini tidak disarankan bagi pemula pendakian. Terdapat 2 jalur pendakian resmi di Gunung Guntur yaitu pendakian via Cikahuripan dan Curug Citiis. Artikel kali ini akan membahas mengenai pendakian Gunung Guntur via Cikahuripan.

Basecamp - Pos 1
Perjalanan menuju Pos1 kamu akan melewati area persawahan, trek jalanan datar dan berbatu.

Pos 1 - Pos 2
Dari Pos 1 menuju Pos 2 kamu akan melewati sungai dengan trek berbatu. Trek ini lumayan licin dan membahayakan keselamatan. Perjalanan menuju Pos 2 yaitu sekitar 2 jam perjalanan.

Pos 2 - Pos 3
Untuk sampai ke Pos 3 jaraknya tidak terlalu jauh dengan trek cukup landai. Di Pos 3 ini akan ada petugas yang akan mengecek dan diharuskan melapor. Di Pos 3 ini juga merupakan tempat untuk mendirikan tenda.

Pos 3 - Puncak
Sesampainya di Pos 3 kamu akan menemukan penunjuk jalan yang menunjuk arah puncak 3, puncak 4 dan Cikahuripan. Perjalanan menuju puncak kamu akan menemui jalan yang terjal. Di Puncak Guntur kamu akan merasakan sensasi yang berbeda, apabila gunung biasanya bersuhu dingin, berbeda dengan gunung ini karena akan mengeluarkan panas dari gunung.

Referensi artikel : viapendaki.com

Video Gunung Guntur

Foto Pendakian Gunung Guntur via Cikahuripan
Referensi gambar : Kompsiana

Share this:

Disqus Comments