Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri

Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri menurut para pendaki tergolong berat. Sangat jarang ditemui trek datar, trek menanjak lebih sering ditemui di jalur ini. Pendakian Gunung Gede Pangrango memiliki 3 jalur resmi diantaranya :
  • via Cibodas
  • via Gunung Putri
  • via Selabintana
Jalur Cibodas merupakan jalur paling favorit karena jalur ini juga terdapat jalur wisata lain serta mata air yang melimpah. Sedangkan jalur Gunung Putri tergolong jalur paling berat namun keistimewaan jalur ini, kamu akan menemui salah satu view paling indah yaitu di Alun - Alun Surya Kencana yang merupakan lahan luas dengan bunga edelweiss yang mengitarinya. Seluas mata memandang kamu akan melihat rerumputan hijau yang sangat cocok untuk mendirikan tenda.

Basecamp - Legok Leunca
Perjalanan diawali dengan berangkat menuju Legok Leunca yang akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Perjalanan awal didominasi oleh perkebunan dan sawah dengan trek datar.sedikit menanjak. Dari awal pendakian akan terlihat Gunung Putri yang berada di kejauhan.

Legok Leunca - Buntut Lutung
Perjalanan dilanjutkan menuju Buntut Luntung dengan estimasi waktu sekitar 1,5 jam. Berbeda dengan jalur Cibodas yang menemui banyak sumber air, jalur Gunung Putri akan jarang ditemui sumber. Perjalanan menuju pos Buntut Lutung akan semakin berat dari pada pos sebelumnya.

Buntut Lutung - Lawang Sekateng
Untuk sampi di Lawang Sekateng kamu harus melewati trek yang dibilang paling berat yaitu trek menanjak tanpa adanya bidang datar sekalipun. Perjalanan menuju Lawang Sekateng disepanjang jalan akan menemui bebatuan dan akar - akar pohon yang lebat. Estimasi waktu untuk sampai di Lawang Sekateng adalah sekitar 1,5 jam.

Lawang Sekateng - Simpang Maleber
Trek selanjutnya tidak berbeda jauh dari sebelumnya. Di kiri dan kanan kamu akan menemui tanaman khas Jawa Barat. Waktu tempuh untuk samai di Simpang Maleber adalah sekitar 1,5 jam perjalanan.

Simpang Maleber - Alun - Alun Surya Kencana Timur
Dari Simpang Maleber perjalanan dilanjutkan menuju surganya Gunung Gede Pangrango yaitu Alun - Alun Surya Kencana. Disinilah view terbaik pendakian Gede Pangrango via Gunung Putri. Kamu bisa mendirikan tenda disini untuk selanjutnya melakukan summit. Alun - Alun Surya Kencana merupakan lahan luas yang berada dekat dengan sungai kecil yang berasal dari puncak Gede. Di sekitar Alun - Alun Surya Kencana terdapat pohon edelweis dan rerumputan sepanjang mata memandang.

Alun - Alun Surya Kencana - Puncak Gede
Perjalanan dari Alun - Alun puncak Gede akan memakan waktu 30 menit hingga 45 menit.

Kalkulasi Pendakian Gunung Gede via Gunung Putri
Basecamp - Legok Leunca (1 jam)
Legok Leunca - Buntut Lutung (1,5 jam)
Buntut Lutung - Lawang Sekateng (1,5 jam)
Lawang Sekateng - Simpang Maleber (1,5 jam)
Simpang Maleber - Alun - Alun Surya Kencana Timur (1 jam)
Alun - Alun Surya Kencana - Puncak Gunung Gede (30 menit)

Peta Pendakian Gunung Gede via Gunung Putri
sumber : wisatagunung.com

Pendakian Gunung Gede via Gunung Putri

Sumber
arifriyanto.com
thetoiletpost.wordpress.com
yusupesuy.wordpress.com
www.afrizalr.com
travellerbiasa.blogspot.com
melisasianipar.blogspot.com

0 komentar