Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana

Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana

Terdapat 3 jalur utama pendakian Gunung Gede Pangrango diantaranya
  • via Cibodas
  • via Gunung Putri
  • via Selabintana
Selabintana merupakan jalur alternatif pendakian Gunung Gede Pangrango. Dibandingkan dengan dua jalur lain, jalur ini tidak terlalu diminati para pendaki karena medannya yang terjal, becek dengan banyak pacet yang sering menyerang para pendaki, jalur ini hanya diminati bagi mereka yang suka dengan tantangan dan bosan dengan jalur Cibodas dan Gunung Putri. Apabila kamu masih tahapan pemula dalam dunia pendakian, disarankan untuk lebih memilih jalur pendakian Ciboda maupun Gunung Putri. Salabintana berada di Sukabumi, Jawa Barat.

Rute
Sukabumi >> Bhayangkara >> Selabintana >> Hotel Selabintana >> Resort TNGP Selabintana

Pos Pemeriksaan - Pos Citingar
Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana tergolong paling berat diantara pendakian jalur lain. Perjalanan diawali dari Pos Pemeriksaan dengan melewati sungai yang sangat dingin dan selanjutnya akan masuk kedalam kawasan hutan lebat. Trek berupa jalan berbatu yang tertata rapi menyusuri punggung gunung. Selanjutnya kamu akan menemui menara pengamat burung. Perjalanan sampai di Pos Citingar akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Pos Citingar berada pada ketinggian sekitar 1000mdpl. Perjalanan semakin keatas akan semakin licin ketika musim hujan.

Pos Citingar - Pos Cigeber
Perjalanan menuju Pos Cigeber kamu akan melewati trek berupa tanah gembur bekas dedaunan yang membusuk. Estimasi waktu untuk sampai di Pos Cigeber adalah sekitar 1 jam perjalanan. Pos Cigeber memiliki ketinggian sekitar 1300 mdpl. Perlu diperhatikan, Pos Cigeber sangat rawan terhadap longsor, maka dari itu kamu harus hati - hati.

Pos Cigeber - Pos Cileutik
Perjalanan akan dilanjutkan dengan menyusuri pinggiran jurang. Kamu harus berhati - hati melewati jalur ini dan jangan sampai salah langkah. Perjalanan sampai di Pos Cileutik akan menghabiskan waktu 1 jam perjalanan. Pos Cileutik berada pada ketinggian sekitar 1500 mdpl.

Pos Cileutik  - Alun - Alun Surya Kencana
Dari Pos Cileutik perjalanan dilanjutkan dengan jalan menurun dan akan menemui sungai, diarea ini bisa menampung 3 tenda. Kalau ingin melanjutkan kamu harus melewati sungai dan masuk ke hutan dengam trek menanjak berupa tanah lembek. Setelah 1 jam berjalan kamu akan menemui pohon - pohon yang berbentuk aneh.

Dari pos pepohonan yang berbentuk aneh ini selanjutnya kamu akan melewati medan yang sangat terjal sehingga memaksa kamu untuk berpegangan dengan akar pohon. Jika kita sudah menemukan jalur yang ditumbuhi rerumputan, itu tandanya kamu sudah dekat dengan pos pertigaan yang mana kalau memilih ke kanan kamu akan sampai di Gunung Gumuruh sedangkan ke kiri akan sampai di Alun - Alun Surya Kencana. Untuk sampai di pertigaan tersebut akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari pos yang memiliki pohon aneh.  

Dari pertigaan kamu membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai ke Alun - Alun Surya Kencana. Disini kita bisa mendirikan tenda untuk selanjutnya melakukan summit ke puncak. Alun - Alun Kencana merupakan lahan luas berupa rerumputan yang dikelilingi bunga edelweis yang sangat cocok untuk mendirikan tenda. Disini merupakan view terbaik pendakian Gunung Gede Pangrango.

Alun - Alun Surya Kencana - Puncak Gede
Perjalanan dari Alun - Alun Surya Kencana hinggga ke puncak Gede adalah sekitar 30 menit perjalanan dengan trek menanjak dan berupa bebatuan hingga sampai ke puncak Gede.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Gede Pangrango
Pos Pemeriksaan - Pos Citingar (1 jam)
Pos Citingar - Pos Cigeber (1 jam)
Pos Cigeber - Pos Cileutik (1 jam)
Pos Cileutik  - Alun - Alun Surya Kencana (4 jam)
Alun - Alun Surya Kencana - Puncak Gede (30 menit)

Peta Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana

Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana

Sumber
expedisia.com
kebanyakangaya.blogspot.com
andreenizar.wordpress.com

Share this:

Disqus Comments