Pendakian Gunung Gede - Pangrango via Cibodas

Pendakian Gunung Gede - Pangrango via Cibodas

Pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas merupakan jalur favorit bagi para pendaki untuk menaiki Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede memiliki ketinggian 2958 mdpl dan Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3019 mdpl. Jalur Cibodas berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gunung Gede Pangrango menjadi favorit para pendaki terutama yang ada di Jawa Barat dan Jakarta karena letaknya yang berada dekat dengan kota besar seperti Bandung dan Jakarta.

Rute
Cianjur >> Kebun Raya Cibodas >> Basecamp Cibodas

Pos Pendaftaran - Tarentong
Untuk mendaftar pendakian Gunung Gede - Pangrango, kamu harus memesan 30 hari sebelum hari pendakian. Kamu bisa booking pendaftaran pendakian gunung ini di booking.gedepangrango.org. Perjalanan menuju Tarentong akan menghabiskan waktu ekitar 15 menit.

Tarentong - Telaga Biru
Trek menuju Telaga Biru diawali dengan melewati trek batu - batu yang telah disusun. Dari Terentong menuju Telaga Biru juga merupakan jalur wisata Telaga Biru dan Air Terjun Cibeureum. Perjalanan menuju Telaga Biru akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Telaga Biru - Rawa Panyangcangan 
Perjalanan menuju Rawa Panyangcangan akan menghabiskan waktu sekitar 20 menit perjalanan. Rawa Penyangcangan merupakan sebuah rawa yang dijadikan pos pendakian. Di Rawa Panyangcangan ini kamu akan menemukan percabangan jalan menuju jalur Pendakian Gede Pangrango dan Air Terjun Cibeureum.

Rawa Panyangcangan - Rawa Denok
Dari percabangan tersebut kamu mengikuti arah yang telah diberikan. Kamu akan melewati jalan yang sudah tertata rapi dengan jalan yang terbuat dari beton. Waktu yang akan ditempuh yaitu sekitar 10 menit. Selanjutnya kamu akan melewati pos - pos yang sama, setelah dari rawa kamu akan bertemu dengan trek terjal, menanjak dan memutar. Berikut adaah pos yang harus dilewati
Rawa Denok 1 - Rawa Denok 2
Rawa Denok 2 - Batu Kukus 1
Batu Kukus 1 - Batu Kukus 2
Batu Kukus 2 - Batu Kukus 3
Batu Kukus 3 - Pondok Pemandangan

Pondok Pemandangan - Air Panas
Perjalanan dari Rawa Denok 1 menuju Air Panas yaitu sekitar 2 jam 15 menit. Dari Air Panas ini terdapat jalan yang menembus ke puncak Gunung Gede. Trek yang kamu lewati akan sangat ekstrim dengan jalan yang sangat sempit diatas aliran air panas dengan berpegangan seutas tali. Sedangkan di bawah aliran air panas terdapat jurang yang cukup curam. Setelah melewati Air Panas kamu akan menemukan shelter yang terdapat kolam kecil air panas yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat.

Air Panas - Kandang Batu
Dari Air Panas menuju Kandang Batu akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Pos Kandang Batu berupa lahan yang cukup luas yang bisa menampung beberapa tenda.

Kandang Batu - Panca Weuleuh
Perjalanan selanjutnya akan dilanjutkan menuju Air Terjun Panca Weuleuh dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Panca Weuleuh - Kandang Badak
Satu jam dari Panca Weuleuh kamu akan menemukan Pos Kandang Badak. Pos Kandang Badak merupakan pos favorit bagi para pendaki. Disini sumber air melimpah yang berasal dari air gunung. Pos Kandang Badak dapat menampung puluhan tenda.

Kandang Badak - Puncak Gede
Waktu tempuh untuk sampai di puncak yaitu sekitar 2 jam baik ke puncak Gede maupun Pangrango. Dalam perjalanan nanti akan menemukan percabangan jalan dimana jalan yang mengarah ke kiri akan sampai ke puncak Gede dan ke kanan akan sampai di puncak Pangrango. Dalam perjalanan menuju ke puncak Gede kamu akan menemukan Tanjakan Setan.

Kandang Badak - Puncak Pangrango
Perjalanan menuju puncak Pangrango akan menghabiskan waktu 2 jam perjalanan. Biasanya para pendaki menaiki Gunung Gede Pangrango dalam satu hari.

Kalkulasi Waktu Pendakian
Pos Pendaftaran - Tarentong : 15 menit
Tarentong - Telaga Biru : 15 menit
Telaga Biru - Rawa Panyangcangan : 20 menit
Rawa Panyangcangan - Rawa Denok 1 : 10 menit
Rawa Denok 1 - Air Panas : 2 jam
Air Panas - Kandang Batu : 1 jam
Kandang Batu - Panca Weuleuh : 10 menit
Panca Weuleuh - Kandang Badak : 1 jam
Kandang Badak - Puncak Gede : 2 jam
Kandang Badak - Puncak Pangrango : 2 jam
Total waktu yang ditempuh untuk sampai di puncak Gede kurang lebih 7 jam 35 menit, apabila dilanjutkan dengan puncak Pangrango jadi totalnya 9 jam 35 menit.

Peta Pendakian Gunung Gede Pangrango
sumber : wisatagunung.com

Pemandangan Pendakian Gede Pangrango
Puncak Gede

Puncak Pangrango
Sumber :
aditnonijalanjalan.blogspot.com
yulianto-ahmad.blogspot.com
jatmiko43site.wordpress.com

Share this:

Disqus Comments