Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Gunung Butak terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Gunung dengan tinggi sekitar 2.868 mdpl ini memang kurang eksis daripada gunung - gunung lain dengan ketinggian 3000 mdpl keatas di Jawa Timur. Gunung Butak sangat diminati para pendaki sekitar Blitar, Malang dan Surabaya karena hutannya yang masih alami yang disertai trek dengan pemandangan alam yang menyejukkan.

Gunung Butak berada bersebelahan dengan Gunung kawi yang juga menjadi pembatas antara Kabupaten Malang dan Blitar. Untuk mencapai puncak Gunung Butak, terdapat 4 jalur diantaranya :
  • Jalur Sirah Kencong (Desa Semen - Gandusari - Blitar)
  • Jalur Desa Wonosari (Kepanjen - Malang)
  • Jalur bukit Pandermaan (Batu - Malang)
  • Jalur Desa Gadingkluan (Dau - Malang)
Salah satu jalur pendakian Gunung Butak adalah jalur Sirah Kencong yang merupakan jalur pendek yang sangat terjal namun memberikan pemandangan yang cukup indah dengan hamparan kebun teh yang menawan.

Pos Perijinan - Wukir Negara
Jalur Sirah Kencong tidak memiliki basecamp. Dari pos registrasi kamu bisa memarkirkan motor dan mempersiapkan pendakian. Pendakian diawali dengan kebun teh dengan jalan yang berkelok hingga menemui hamparan luas kebun teh dengan pemandangan Gunung Butak yang gagah. Wukir Negara merupakan sebuah lahan datar yang sekaligus pintu hutan dan gerbang pendakian Gunung Butak. Dari Wukir Negara kamu dapat melihat puncak Gunung Kelud yang terkadang tertutup kabut.

Wukir Negara - Pos 1
Perjalanan menuju Pos 1 akan memasuki hutan rapat. Trek berupa tanah padat hingga Pos 1. Waspadai terhadap pacet di sepanjang jalur pendakian. Ada baiknya kalian menggunakan sepatu gunung disertai gaiter untuk menghindari pacet. Pos 1 berupa tanah datar yang bisa menampung hingga 3 tenda.

Pos 1 - Pos 2
Dari Pos 1 menuju Pos 2 jalan akan menanjak dengan trek masih berupa tanah dan rerimbunan vegetasi hutan. Sesampainya di Pos 2 kamu akan menemui pohon besar di area terbuka yang sempit dan bergelombang. Pos 2 sudah tidak begitu rapat dengan pepohonan seperti sebelumnya.

Pos 2 - Pos 3
Perjalanan menuju Pos 3 akan sering bertemu pohon pinus. Pepohonan tidak terlalu rapat dengan trek tanah padat yang menanjak. Kamu akan menemui pohon - pohon rubuh yang melintang di jalur pendakian. Pos 3 terdapat tanah datar yang sangat cocok untuk mendirikan tenda ataupun sekedar istirahat.

Pos 3 - Pos 4
Dari Pos 3 perjalanan dilanjutkan menuju Pos 4 dengan trek yang masih sama seperti sebelumnya namun lebih menanjak dan licin. Pos 4 berada pada hutan pinus Gunung Butak.

Pos 4 - Pos 5
Perjalanan menuju Pos 5 merupakan trek terberat dengan jalan menanjak dan semak - semak tinggi. Mendekati Pos 5 jalur akan semakin terbuka dengan semak - semak tinggi. Vegetasi pohon pinus yang sebelumnya menemani perjalanan akan berganti dengan lumut. Pos 5 merupakan pos terakhir sebelum sampai di puncak.

Pos 5 - Puncak
Perjalanan ke puncak akan didominasi jalan berlumut dengan vegetasi tidak terlalu rapat sehingga sangat panas ketika siang hari. Sesampainya di atas kamu akan menemui sabana. Di sabana inilah biasanya para pendaki mendirikan tenda. Untuk sampai di puncak kamu harus menyusuri jalan datar ke arah kanan.

Puncak Gunung Butak merupakan sebuah sabana yang cukup luas. Dari puncak ini kamu dapat melihat Gunung Paderman dan Gunung Kawi dari kejauhan. Apabila cuaca cerah, kamu juga dapat melihat Gunung Kelud, Gunung Arjuno - Welirang dan Gunung Semeru.

Estimasi pendakian Gunung Butak
Pos Perijinan - Wukir Negara (1 jam)
Wukir Negara - Pos 1 (50 menit)
Pos 1 - Pos 2 (45 menit)
Pos 2 - Pos 3 (1 jam)
Pos 3 - Pos 4 (30 menit)
Pos 4 - Pos 5 (1,5 jam)
Pos 5 - Puncak (30 menit)

Peta Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong


Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Share this:

Disqus Comments