Pendakian Gunung Butak via Panderman

Gunung Butak sebagai salah satu gunung di Jawa Timur masih jarang diminati pendaki, pada umumnya mereka lebih mengenal gunung - gunung seperti Arjuno Welirang, Bromo - Tengger Semeru, Raung dan lain - lain. Gunung Butak terletak di perbatasan Blitar dan Malang sehingga menjadi salah satu tujuan bagi para pendaki di Blitar dan Malang. Gunung Butak bertipe Stratovolcano yang bentuk kerucut. Kondisi Gunung Butak dalam keadaan tertidur dan tidak mengeluarkan aktivitas apapun.

Gunung Butak bergandengan dengan Gunung Kawi dan sering dijuluki sebagai putri tidur. Terdapat beberapa vegetasi di gunung ini seperti hutan hujan, hutan lumut, pinus dan lain - lain. Untuk bisa sampai di puncak Gunung Butak terdapat 4 jalur pendakian diantaranya :
  • via Penderman
  • via Sirah Kencong
  • via Princi Dau
  • via Gunung Kawi
Salah satu jalur pendakian adalah via Panderman yang berada di Batu, Malang. Untuk sampai di Panderman, kamu bisa memulai dari alun - alun kota Malang ambil arah Kediri, setelah bertemu perempatan kedua ambil arah kiri. Tak jauh dari perempatan tersebut kamu akan menemui gapura yang ada di kanan jalan yang merupakan jalan ke pos pendakian.

Ikuti jalan dari gapura tersebut hingga sampai ke pintu masuk di area parkir pos Panderman. Dari area parkir kamu harus berjalan menuju pos dengan berjalan kaki melewati jalan berapal. Setibanya di pos Pendakian Gunung Butak dan Panderman kamu harus mengisi buku tamu dan membayar retribusi pendakian.

Basecamp - Pos 1
Perjalanan diawali dengan berjalan di jalan yang sama dengan pendakian Gunung Panderman dengan jalan berpaving. Sampai di ujung jalan kamu akan menemui persimpangan dua arah menuju Gunung Butak dan Gunung Panderman. Di persimpangan ini sudah ada penunjuk arah yang akan mengarahkanmu ke jalur pendakian Gunung Butak.

Pos 1 - Pos 2
Untuk sampai di Pos 2 trek yang dilalui berupa tanah landai dengan sesekali tanjakan.

Pos 2 - Pos 3
Selanjutnya menuju Pos 3 medan relatif sama dengan perjalanan ke Pos 2 yang tak terlalu berat namun sedikit menyempit. Di Pos 3 terdapat percabangan jalan, ambil arah kiri yang menurun untuk menuju Gunung Butak dan tak berapa lama akan menanjak lagi.

Pos 3 - Pos 4
Trek menuju Pos 4 relatif landai dan menanjak hingga sampai di Pos 4. Pos 4 merupakan sebuah tanah lapang yang teduh dilindungi pohon besar yang rindang.

Pos 4 - Pos 5
Dari Pos 4 menuju Pos 5 jalan akan menanjak tajam dan cukup jauh waktu tempuhnya serta menguras tenaga. Trek menuju Pos 5 melewati lebatnya hutan dengan jalan setapak. Namun pemandangan di sepanjang jalan akan memanjakan matamu. Pos 5 merupakan pertemuan jalur Dau dan Panderman.

Pos 5 - Sabana Sukup
Perjalanan dari Pos 5 lumayan berat melewati tanjakan yang sempit. Kamu akan melewati hutan cemara yang bernama Cemoro Kandang. Setelah sampai di Cemoro Kandang jalan akan dilanjutkan ke Padang Sabana. Padang Sabana inilah yang menjadi favorit para pendaki untuk membuka tenda.

Sabana - Puncak
Puncak Gunung Butak berada tak jauh dari sabana ini. Trek menuju puncak cukup terjal dan membutuhkan tenaga ekstra. Puncak Gunung Butak memiliki ketinggian 2868 mdpl. Dari puncak Gunung Butak kamu dapat melihat gunung - gunung laun seperti Arjuno Weliriang, Gunung Semeru bahkan terkadang bisa melihat Gunung Lawu.

Tips Pendakian Gunung Butak
  1. Cari info sebanyak - banyaknya mengenai Gunung Butak
  2. Pastikan tubuh dalam kondisi prima
  3. Persiapkan peralatan dan logistik secara matang
  4. Estimasi waktu pendakian dari jalur Panderman kira - kira 6 hingga 8 jam perjalann
  5. Jangan lupa berdoa untuk selamat sampai rumah
Referensi : http://www.esokharinanti.com/2015/12/perjuangan-2868-mdpl-gunung-butak.html

Pemandangan Gunung Butak

0 komentar