Pendakian Gunung Arjuno via Tretes

Gunung Arjuno merupakan gunung yang berada di Malang, Jawa Timur dengan ketinggian 3.339 mdpl dan merupakan gunung tertinggi ke 3 di Jawa Timur. Gunung Arjuno berdiri dengan gagah bersama Gunung Welirang dan Gunung Kembar 1 dan 2. Pendakian Gunung Arjuno terbilang berat dengan didominasi tanjakan. Terdapat 4 jalur pendakian Gunung Arjuno diantaranya :
  • via Purwosari
  • via Lawang
  • via Batu
  • via Tretes
Jalur yang paling sering dilalui para pendaki untuk mendaki Gunung Arjuno adalah jalur Tretes yang juga merupakan jalur pendakian Gunung Welirang.

Basecamp - Pos 1 (Pet Bocor)
Jalur pendakian Gunung Arjuno via Tretes merupakan jalur yang sama dengan pendakian Gunung Welirang hingga ke pos terakhir. Perjalanan menuju Pos 1 dari Basecamp akan menghabiskan waktu sekitar 20 menit dengan jalan makadam menanjak. Sesampainya di pertigaan ambil arah kiri untuk sampai di Pos 1. Terdapat warung kecil di Pos 1 yang dapat digunakan beristirahat bagi para pendaki serta menikmati makanan maupun minuman yang disediakan.

Pos 1 - Pos 2 (Kop - Kopan)
Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 akan menghabiskan waktu 3 jam dengan trek bebatuan yang tidak tersusun rapi karena jalan ini merupakan hardtop untuk mengangkut belerang. Jalan berliku akan kamu jalani sepanjang jalur menuju Pos 2. Pos 2 terdapat lahan yang cukup luas untuk digunakan membuka tenda dengan sumber air dan warung kecil untuk istirahat.

Pos 2 - Pos 3 (Pondokan)
Untuk sampai di Pos 3, waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam dengan jalan yang masih sama. Jalur ini dikenal dengan Tanjakan Asu dan Tanjakan Naga dimana jalur ini akan menanjak panjang dan cukup melelahkan hingga masuk ke Alas Lali Jiwo.  Setelah melewati Alas Lali Jiwo kamu akan menemui Pos 3 dengan ditandai rumah - rumah kecil tempat penyimpanan belerang. Kamu bisa mendirikan tenda di Pos 3 atau di Lembah Kidang.

Pos 3 - Lembah Kidang
Menuju Lembah Kidang kamu harus melewati jalur sempit hingga sampai di Lembah Kidang dengan pemandangan rerumputan yang luas. Dulu tempat ini memang banyak kidang, namun seiring waktu banyaknya perburuan dan para pendaki yang lalu lalang menyebabkan kidang - kidang tersebut mulai jarang ditemui. Lembah Kidang biasanya digunakan untuk ngecamp meskipun tidak seluas Pos 3. Tak jauh dari Pos 3 terdapat Sabana 2 yang juga termasuk tempat camp dengan sumber air. Untuk sampai di Sabana 2 waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit perjalanan.

Lembah Kidang - Puncak Ogal - Agil
Perjalanan menuju puncak tergolong berat dengan melipir dari sisi kanan gunung. Setelah melipir kamu harus naik dan turun 3 bukit hingga sampai di puncak. Trek menanjak dengan melewati rerumputan dan hutan pinus hingga ke bukit pertama. Dari puncak bukit ini kamu sudah dapat melihat puncak Arjuno di belakang 2 bukit.

Puncak Arjuno merupakan tumpukan batuan besar yang dinamakan Ogal - Agil. Nama Ogal - Agil diambil dari batuan besar yang ada di puncak Gunung Arjuno yang terlihat akan jatuh ketika tertiup angin. Dari puncak ini kamu dapat melihat Gunung Semeru dan Gunung Welirang.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Arjuno via Tretes
Basecamp - Pos 1 Pet Bocor (20 menit)
Pos 1 - Pos 2 Kop - Kopan (3 jam)
Pos 2 - Pos 3 Pondokan (3 jam)
Pos 3 - Lembah Kidang (20 menit)
Lembah Kidang - Savana 2 (15 menit)
Savana 2 Puncak (2 jam 45 menit)

Peta Pendakian Gunung Welirang via Tretes


Pemandangan Pendakian
Makadam

Pos Pondokan

Lembah Kidang

Sabana 2

Puncak Gunung Arjuno


0 komentar